Terbaru :
Home » , , , , » Petunjuk Dasar dan Tips Membuat Alamat Email

Petunjuk Dasar dan Tips Membuat Alamat Email

Oleh godam64 pada 11 April 2006 | 07:18

Email atau E-mail adalah Electronic Mail atau Surat Elektronik yang memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima pesan secara elektronik ke segala penjuru dunia yang memiliki jaringan internet. Dengan email maka kita dapat mengirim pesan dan orang yang menerima email kita dapat menerima email kita dalam waktu yang hampir bersamaan. Dengan demikian email lebih efisien daripada berkirim pesan dengan metode konvensional seperti berkirim surat melalui pos atau kurir yang membutuhkan waktu mulai dari beberapa jam hingga berminggu-minggu atau bahkan hingga berbulan-bulan. Selain itu dengan metode konvensional membutuhkan biaya dan tenaga yang tidak sedikit pula.

Pada dasarnya untuk mengirim email dapat dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah menggunakan web-based email di mana kita tinggal mendaftar pada email provider, login dan setelah itu kita bisa mengirim dan menerima email sesuka hati kita. Selain email berbasis web juga terdapat metode imap, pop3 dan smtp dengan protokol yang berbeda. Metode tersebut cukup rumit untuk pemula, sehingga disarankan untuk menggunakan layanan email berbasis web yang cukup mudah penggunaannya.

Untuk mendapatkan alamat email berbasis web, anda dapat mengunjungi beberapa penyedia layanan email gratis yang banyak terdapat di internet, namun amat sangat disarankan untuk menggunakan layanan email dari provider yang besar dan sudah lama beroperasi, karena akan menjamin bahwa anda akan dapat terus-menerus menggunakan email anda tanpa masalah. Sangat disarankan untuk membuka account email anda di Yahoo, Gmail atau Hotmail. Ketiga provider tersebut sudah termasuk provider yang dapat dipercaya akan terus-menerus memberikan layanan email gratis sampai batas waktu yang tidak terbatas.

Sebaiknya anda tidak hanya membuat satu account email saja, tetapi membuat beberapa email dengan password yang berbeda-beda sebagai email cadangan dan tempat konfirmasi apabila anda lupa password. Pastikan anda memilih salah satu email sebagai email yang anda gunakan dan disebarkan untuk berbagai keperluan. Sedangkan sisanya digunakan sebagai email alternatif apabila diperlukan. Jangan lupa untuk login ke dalam account email anda secara berkala agar email anda terus aktif, karena account email gratis akan ditutup secara otomatis apabila tidak dikunjungi untuk jangka waktu tertentu, namun dapat diaktifkan kembali jika anda menginginkannya.

Sebagai tambahan saya menyarankan anda untuk menggunakan email dari yahoo, karena yahoo tidak hanya memberikan e-mail saja, namun juga fitur lainnya seperti yahoo messanger, web hosting, file hosting, photo hosting, mailing list, games, dan lain sebagainya. Kemudian untuk mengamankan email anda dari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda juga membaca Tips Mengamankan Email Account Anda.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger