Profesi/Pekerjaan yang Tidak Baik Untuk Kesehatan dan Keselamatan Diri

Bekerja adalah melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan sesuatu atau untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.  Ada banyak macam dan ragam pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh manusia di seluruh dunia.  Dengan bekerja seseorang mungkin saja dapat memenuhi kebutuhan hidupnya atau dapat mewujudkan apa yang dicita-citakannya.  Dari begitu banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan seseorang, terdapat profesi atau pekerjaan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan diri orang yang menjalaninya.  Mari kita lihat apa saja pekerjaan yang kurang baik bagi kesehatan dan keselamatan diri manusia.

Daftar Beberapa Pekerjaan / Profesi yang Memiliki Resiko Tinggi Bagi Kesehatan dan Keselamatan :

1. Pemeran Pengganti

Pemeran pengganti atau stunt man adalah orang yang menggantikan pemeran utama atau pemeran pembantu penting dalam adegan-adegan berbahaya.  Luka, patah tulang, kecacatan atau bahkan kematian selalu membayangi para pemeran pengganti.

2. Petugas Keamanan Satpam (Satuan Pengamanan) dan Petugas Ronda

Orang-orang yang memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan memiliki resiko yang cukup besar bertemu dengan orang-orang yang dapat melakukan tindakan kekerasan.  Aksi kejar-kejaran dan perkelahian adalah sesuatu hal yang biasa terjadi apabila seorang satpam, hansip, peronda, dan lain sebagainya bertemu dengan pencuri, perampok, penjambret, pemabuk, pembuat onar, dan para penjahat lainnya.

3. TNI Polri (Tentara dan Polisi)

Pekerjaan sebagai polisi dan tentara bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.  Mereka adalah orang-orang yang dipersiapkan untuk siap bertempur untuk menciptakan keamanan dan ketertiban negara.  Polisi harus siap maju menghadapi para pelaku tindak kriminal.  Tentara harus siap maju ke medan perang menghadapi musuh negara.  Terluka dan terbunuh adalah hal yang biasa bagi profesi polisi dan tentara di mana pun mereka berada.

4. Tukang Sampah / Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan yang mengumpulkan sampah dan mengirimnya ke tempat pembuangan sampah besar adalah orang-orang yang beresiko tinggi untuk terluka saat bekerja dan terinfeksi penyakit berbahaya dari sampah-sampah yang mereka tangani.  Sampah-sampah tajam dan sampah-sampah yang mengandung kuman bakteri dan virus selalu mengintai mereka dan siap menerkam kepada siapa saja yang lengah.

5. Pekerja Malam Hari

Manusia yang bekerja di malam hari rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh angin malam.  Apalagi pekerjaan yang dilakoni di malam hari tersebut menyebabkan seseorang kekurangan tidur sehingga dapat memberikan dampak negatif kepada organ-organ tubuh orang tersebut.  Pekerjaan seperti pedagang, supir, satpam, entertainer, dan lain sebagainya adalah orang-orang yang sebagian di antaranya bekerja di malam hari.

6. "Para Penghibur"

"Wanita penghibur" dan "pria penghibur" adalah orang-orang yang bekerja memberikan kesenangan kepada orang lain dengan cara yang sangat berbahaya karena dapat tertular berbagai penyakit menular yang sulit untuk disembuhkan dan bahkan yang belum dapat disembuhkan secara medis hingga saat ini.

7. Atlit / Atlet Bela Diri

Membela diri adalah sesuatu yang baik jika dilakukan dengan benar.  Namun jika membela diri dijadikan suatu perlombaan, maka akan menjadi sumber malapetaka bagi para pelakunya.  Berbagai bela diri seperti tinju, silat, karate, taekwondo, kempo, jiujitsu, gulat, dan lain sebagainya sering mengadakan perlombaan pertandingan.  Para peserta akan saling baku hantam untuk memperebutkan gelar juara.  Tidak jarang baku hantam antar peserta perlombaan mengakibatkan cedera ringan, cedera berat hingga kematian.

8. Pekerja Tambang

Orang yang bekerja di tambang biasanya akan terpapar berbagai bahan-bahan kimia yang dibutuhkan dalam proses penambangan.  Bahan-bahan kimia beracun itu bisa saja akan menimbulkan penyakit yang kemunculan gejalanya terjadi bertahun-tahun kemudian.  Belum lagi resiko kecelakaan di tambang yang bisa saja terjadi kapan saja akan menjadi sesuatu yang mengerikan bagi pekerja tambang yang ada di seluruh dunia.

9. Pawang Binatang Buas

Mengurusi binatang buas adalah pekerjaan yang beresiko.  Binatang buas walaupun telah dijinakkan oleh pawang-pawangnya, tetap saja bintang buas tersebut memiliki insting dasar sebagai hewan yang ganas.  Acapkali terjadi kejadian adanya hewan buas yang tadinya jinak mengamuk sehingga mengakibatkan orang-orang di sekitarnya mengalami cidera dan bahkan kematian.

10. Penjahat

Para penjahat seperti perampok, penodong, penjambret, penipu, pencuri, penculit, pemerkosa, koruptor, dan lain sebagainya adalah pekerjaan yang sangat berbahaya.  Jika mereka sampai tertangkap massa maka ada kemungkinan mereka akan menjadi bulan-bulanan massa.  Banyak dari mereka yang menemui ajal saat dihakimi massa.  Jika tertangkap polisi dan masuk ke dalam penjara pun mereka akan mendapatkan gangguan fisik dan mental selama berada di penjara.

Itulah sekelumit tentang pekerjaan-pekerjaan yang dapat merusak kesehatan seseorang yang melakoninya.  Alangkah baik apabila kita memilih pekerjaan yang baik untuk diri kita dan juga untuk orang lain yang ada di sekitar kita demi kebaikan bersama.  Kurang lebih mohon maaf dan kami ucapkan banyak terima kasih untuk kehadiran anda di website yang sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Profesi/Pekerjaan yang Tidak Baik Untuk Kesehatan dan Keselamatan Diri"

Posting Komentar