Sejarah Perang Mawar (Wars of the Roses) di Inggris Antara York dan Lancaster

Perang Mawar adalah rangkaian perang saudara di Inggris tahun 1400-an yang melibatkan dua negara kerajaan Plantagenet dalam memperebutkan takhta Inggris. Keluarga pertama adalah keluarga York, dengan lambang mawar putih. Yang satunya adalah keluarga Lancaster, dengan lambang mawar merah.

Perang dimulai tahun 1453 ketika Raja Henry IV dari keluarga Lancaster menjadi tidak waras. Dalam suasana negara yang kacau, Warwick "the kingmarker" menempatkan Richard, bangsawan York, sebagai pelindung di wilayah Henry. Thaun 1455 Hnery IV pulih kembali, dan dimulailah perang antara keluarga Lancaster dan York.

Richard terbunuh dalam Perang di Wakefield tahun 1460, tapi Henry IV menjadi tidak waras kembali. Kemenangan keluarga York di Towton dekat York tahun 1461 membuat putra Richard naik tahta, dan dikenal sebagai Edward VI. Edward IV bermusuhan dengan saudaranya Clarence dan Warwick, yang menyerang Inggris dari Prancis tahun 1470 dengan ratu Hnery VI, Margareth dari Anjou dan menyingkirkan Edward.

Ketika Edward VI meninggal dunia tahun 1483, anak laki - laki Edward masih kanak - kanak Saat Edward muda dan saudaranya menghilang, kemungkinan dibunuh di Menara London, paman mereka, Richard III segera mengambil takhta mahkota. Richard III bermusuhan dengan Henry Tudor dari Lancaster. Richard III terbunuh di Lapangan Bosworth pada 22 Agustus 1485. Henry Tudor kemudian menjadi Henry VII dan menikah dengan Elizabeth dari York untuk mengakhiri peperangan.

----- Mawar merah dan mawar putih menajdi lambang perseturuan antara keluarga Lancaster dan York. Saat Hnery VII menikahi Elizabeth dari York, dia menggabungkan mawar kedua lambang ini menjadi mawar Tudor.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sejarah Perang Mawar (Wars of the Roses) di Inggris Antara York dan Lancaster"

Posting Komentar