Sekolah Hijau (Prapti Wahyuningsih), Kampung Cikasimukan Kabupaten Bandung

Sekolah Hijau yang berada di Kampung Cikasimukan RW 09, Desa Mandala Mekar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung adalah sebuah wadah pendidikan non-formal (alternatif) yang digagas Prapti Wahyuningsih bersama masyarakat setempat. Sekolah ini diharapkan menjadi sebuah alternatif untuk memberikan pesan cinta lingkungan terhadap anak-anak.

Di sekolah ini, diajarkan beberapa kelas antara lain : Menggambar, membaca, menari, mengaji, dan Bahasa Inggris. Sukarelawan sekolah hijau mayoritas adalah mahasiswa. Termasuk saya sendiri. Minimnya sukarelawan mengakibatkan beberapa pelajaran belum dapat diberikan. Seperti halnya kelas teater yang belum mempunyai pengajar.

Selain memberikan pendidikan kepada anak-anak, sekolah hijau juga mengajak masyarakat untuk kreatif dan mandiri. Salah satunya melalui daur ulang sampah plastik menjadi barang siap pakai seperti tas, dompet, dll. Hal-hal yang dilakukan oleh prapti wahyuningsih adalah hal-hal yang kecil. Namun sungguh besar manfaatnya nagi kemajuan bangsa dan masyarakat.

Semoga semakin banyak saja gerakan masyarakat seperti ini. Berawal dari hal yang kecil, yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki tatanan masyarakat kita....

Oleh : ???

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sekolah Hijau (Prapti Wahyuningsih), Kampung Cikasimukan Kabupaten Bandung"

Posting Komentar