Selayang Pandang Negeri Waeputih (Tanjung Sial, Kec. Huamual, Kab. SBB, Prop. Maluku)

Negeri waeputih terletak sebelah selatan desa luhu kecamatan Huamual kabupaten seram bagian barat, negeri ini juga disebut sebagai negeri yang penuh dengan budaya & adat istiadat. sejak zaman kekuasaan sultan ternate dan tidore. sampai saat ini masih terus dilestarikan. adat tersebut bernama WONGI-WONGI atau SALAI (percaya terhadap makhluk halus, red).

Kepercayaan ini sering kali dilaksanakan oleh masyarakat setempat dengan maksud untuk menyembuhkan penyakit apabila yang sakit, selain dari itu sebagai kekuatan diri untuk menghadapi musuh dikala peperangan terjadi. masyarakat waeputih termasuk masyarakat dari garis keturunan suku maluku utara, ternate, tidore, jailolo, galela, tobelo dan sula-sanana. menjadikan satu negeri di tanjung sial yang diberi nama WAEPUTIH.

Waeputih berasal dari dua kata Wae (air) dan putih (bersih bagaikan kapas). jadi secara harfiah waeputih berarti air bersih yang digunakan untuk berwudhu untuk shalat. Negeri ini didirikan pada tahun 1480 Masehi. dipimpin oleh seseorang yang bernama shalat yang berasal dari maluku utara (jailolo). Ketika jamilu (penyiar agama) yang berasal dari maluku utara (jailolo) meninggalkan negerinya, berlayar ke selatan dan singgah di negeri hitu, untuk mencari kedua saudaranya yaitu: kyai patih atau ulima sitania (patih tuban) & shalat. masing-masing ditugaskan ke wilayah tertentu, Kyai patih sendiri ditugaskan ke daerah seram bagian timur (geser-gorom), sedangkan shalat ke negeri waeputih tanjung sial untuk menyiarkan agama dan berperang melawan penjajah.

Budaya Dan Adat Istiadat

Negeri ini mempunyai 2 batu yang mempunyai kekuatan supra natural yaitu :
1. Hatu Kamotiane (batu panahan) : terletak sebelah selatan negeri ini yg diberi nama masyarakat setempat batu panna.
2. Hatu kamanyiange (batu kemenyan) : terletak sebelah utara negeri waeputih

Negeri ini juga mempunyai beberapa gua. dan mempunyai sejarah arkeologi yang panjang ( dijaga ketat oleh masyarakat adat setempat).

WISATA
Pantai yang terletak di pesisir jazirah ini sangat indah, dengan pasir putih yang membentang luas, pantai ini bernama haite kudarange.

creted by : Bpk B. Umasugi
(081386809620) sub-distric tanjung sial.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Selayang Pandang Negeri Waeputih (Tanjung Sial, Kec. Huamual, Kab. SBB, Prop. Maluku)"

Posting Komentar