Sesuatu Hal yang Langka di Hari Lebaran Idul Fitri, Sebelum & Setelah

Menjelang lebaran idul fitri, hari H idul fitri dan beberapa hari setelah idul fitri adalah masa-masa yang unik.  Di waktu-waktu tersebut ada beberapa hal yang sulit untuk didapatkan walaupun kita memiliki uang yang banyak.  Pasalnya barang-barang atau benda-benda tersebut memiliki tingkat permintaan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan juga kenaikan harga barang.  Hal ini biasanya selalu terulang kali terjadi setiap tahun karena disebabkan juga karena perusahaan produsen produk langka tersebut tidak sanggup memenuhi permintaan konsumen yang luar biasa besar.

Contoh Beberapa Barang yang Langka Sulit Dicari Saat Lebaran, Sebelum Lebaran dan Setelah Lebaran :

1. Air Minum Dalam Kemasan

Air minum dalam kemasan ukuran galon 19 liter merek tertentu biasanya akan menjadi langka akibat kurangnya pasokan dari produsen maupun distributor kepada para pengecer tingkat bawah sehingga menyebabkan konsumen mendapatkan kesulitan untuk tukar tambah galon kosong miliknya dengan galon isi milik pedagang amdk galonan.  Terkadang terjadi pula kelangkaan amdk untuk ukuran yang lebih kecil seperti amdk gelas.  Masyarakat banyak yang menggunakan amdk berbentuk gelas karena dinilai lebih praktis dan higienis untuk disajikan kepada tamu yang datang berkunjung di hari raya.

2. Bahan Bakar

Bahan bakar yang mengalami kelangkaan di seputar lebaran pada umumnya adalah seperti tabung gas ukuran 3 kg dan bahan bakar kendaraan bermotor.  Tabung gas kecil seberat 3kg biasanya digunakan oleh masyarakat untuk membuat berbagai panganan untuk disajikan di hari raya.  Karena momen memasak masakan dalam jumlah besar dilakukan pada saat yang bersamaan, maka wajar apabila terjadi kekurangan stok tabung gas 3kg yang ada isinya.  Untuk daerah tertentu yang belum masih diberi subsidi minyak tanah dan belum ada program konversi bahan bakar minyak tanah ke bahan bakar gas, maka yang langka adalah minyak tanah.  Bahan bakar untuk kendaraan bermotor seperti bensin, solar / biosolar dan pertamax bisa menjadi langka akibat banyaknya kendaraan pemudik yang melintasi suatu daerah tertentu dan mengisi bensin secara bersamaan sehingga pom bensin / spbu mengalami kekurangan stok bahan bakar.

3. Tempat Jajanan / Penjual Makanan

Para pedagang yang berasal dari luar daerah pada umumnya akan mudik pulang kampung ke kampung halamannya untuk melakukan halal bihalal dengan sanak keluarga, kerabat, handai taulan, tetangga, teman, dan lain sebagainya.  Sepinya pedagang makanan dan minuman yang beroperasi di saat hari raya lebaran idul fitri dan beberapa hari setelah hari raya lebaran idul fitri menyebabkan para konsumen menyerbu pedagang yang buka sehingga terkadang pedagang mengalami kehabisan stok sebelum waktunya tutup.  Hal ini merupakan berkah bagi para pedang yang masih berjualan, karena warung atau restoran tiba-tiba menjadi ramai dan laris masis berbeda jauh dari hari-hari biasanya.

4. Sembako Tertentu

Di sekitar lebaran biasanya ada sembako yang menjadi langka di daerah-daerah tertentu.  Sembako yang seringkali sulit ditemui ketika berada di sekitar hari raya idul fitri adalah beras dan telur.  Beras ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat untuk membayar zakat fitrah dan makanan khas lebaran berbahan dasar beras yakni lontong dan ketupat.  Telur ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat yang tinggi dalam membuat panganan khas hari raya idul fitri yang berbahan telor ayam.  Bahan makanan lainnya biasanya mengalami kenaikan yang bervariasi di saat menjelang lebaran idul fitri karena memang adanya kenaikan permintaan pada komoditas-komoditas tersebut.

5.  Tiket Angkutan Umum Luar Kota

Membludaknya pemudik menjelang hari raya idul fitri untuk berlebaran di kampung halaman membuat tiket angkutan umum menjadi kelebihan permintaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan biasanya.  Hal ini telah menjadi sesuatu yang lumrah dan diterima oleh banyak orang.  Hal ini sebenarnya dapat diatasi jika ada keinginan yang kuat dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah beberapa hal yang sulit untuk didapat di saat menjelang lebaran, saat lebaran dan setelah lebaran idul fitri.  Mudahan-mudahan tulisan yang singkat dan sederhana ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sesuatu Hal yang Langka di Hari Lebaran Idul Fitri, Sebelum & Setelah"

Posting Komentar