Setiap Manusia Memiliki Harga Diri Yang Mahal Tidak Ternilai Harganya Dibanding Uang

Banyak orang yang menganggap bahwa dirinya sudah tidak berharga lagi, sudah tidak punya apa-apa lagi, sudah jatuh miskin, sudah tidak bernilai, sudah tidak berguna lagi, dan lain sebagainya. Padahal dalam diri masing-masing manusia itu sama sekali sulit untuk ditentukan dengan uang. Dalam hal pekerjaan memang dapat dinilai dengan uang, namun dalam urusan harga diri itu lain ceritanya. Setiap manusia itu eksklusif, namun tidak banyak berpengaruh pada orang-orang yang kurang bersyukur.

Coba kita lihat daftar beberapa bagian tubuh kita berikut ini :
1. Mata
2. Otak
3. Tulang Belakang
4. Paru-Paru
5. Jantung
6. Hati (Liver)
7. Tangan Kanan
8. Tangan Kiri
9. Kaki Kanan
10. Kaki Kiri

Barapa harga yang kira-kira anda tawarkan jika ada orang yang ingin membeli salah satu atau dua organ tubuh anda di atas itu? Pasti jawabannya sangat tidak ternilai harganya dan tidak akan pernah dijual bagi orang yang normal. Dengan uang satu trilyun saja tidak bisa membeli salah satu organ tubuh kita. Apalagi ada sepuluh, berarti harga diri kita sudah pasti lebih dari 10 trilyun rupiah harganya.

Jadi tidak benar kalau ada orang mengatakan dirinya itu miskin, karena di dalam dirinya saja sudah begitu kaya akan nilai yang merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa secara cuma-cuma. Jadi salah kaprah jika orang beranggapan bahwa dirinya tidak perlu bersyukur kepada Tuhannya, karena Tuhan telah memberikan kekayaan yang tidak bisa diukur dengan uang/duit kepada kita. Bagi orang yang tidak punya iman (atheist) maupun lemah iman, sudah pasti akan enggan untuk menyukuri anugrah yang luar biasa itu.

Jadi perasaaan-perasaan seperti sudah tidak berharga lagi, sudah tidak punya apa-apa lagi, sudah jatuh miskin, sudah tidak bernilai, sudah tidak berguna lagi, dan sebangsanya harus kita buang jauh-jauh dari pikiran kita. Hal tersebut hanyalah bisikan setan yang tidak berdasar yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Karena efek buruknya bisa sangat parah, yaitu bisa menyebabkan seseorang menjadi stres, depresi dan akhirnya bunuh diri. Maka dari itu, renungkanlah dan syukurilah pemberian Tuhanmu kepadamu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Setiap Manusia Memiliki Harga Diri Yang Mahal Tidak Ternilai Harganya Dibanding Uang"

Posting Komentar