Tahap/Langkah Mengisi Bensin/BBM Di Pompa/Pom Bensin Cepat Dan Aman - Tips Kendaraan Motor Dan Mobil

Mengisi bensin alias bahan bakar minyak seperti solar, premium, pertamax, dan lain sebagainya mungkin sudah menjadi ritual sehari-hari bagi sebagian orang yang memiliki kendaraan. Jumlah mobil dan motor yang selalu bertambah banyak dari waktu ke waktu tentu saja akan berdampak pada peningkatan jumlah konsumsi bbm secara keseluruhan.

Berikut ini adalah panduan tahapan cara ngisi bensin bagi pembawa kendaraan pemula yang belum mahir :

1. Tahap Persiapan Memasuki Areal Pompa Bensin

Sebelum memasuki kawasan lingkungan pom bensin pastikan anda tidak membawa benda yang berapi yang terbakar seperti rokok, obat nyamuk, obor, lilin, dan lain sebagainya. Benda yang terbakar bisa saja menyambar bahan bakar yang mungkin secara tidak sengaja tercecer dan mengenai benda yang terbakar sehingga dapat berakibat fatal.

Siapkan uang atau pun alat pembayaran lainnya untuk membayar bahan bakar yang anda isi ke motor atau mobil anda. Lupa bawa uang bisa membuat urusan jadi panjang dan anda harus bolak-balik ke rumah atau ke atm dengan menaruh jaminan ktp, stnk, atau bisa juga kendaraan anda dan anda malu dilihat banyak orang. Jika membayar dengan kartu kredit atau kartu debit pastikan kartu tersebut masih dapat digunakan.

Lihat billboard reklame yang ada di depan pom bensin, apakah mereka menjual bahan bakar yang anda ingin beli. Tiap jenis bahan bakar diwakili oleh warna dasar yang mencolok disertai tulisan. Misalnya bahan bakar premium memiliki warna dasar kuning.

Lihat sekeliling pom bensin di mana anda harus berbaris dan mengisi bensin. Umumnya untuk sepeda motor memiliki barisan tersendiri yang terpisah dengan mobil. Cari barisan yang terpendek dan tercepat bila ada lebih dari satu barisan yang terbentuk. Baris dan antri dengan rapi dan baik jika anda harus mengantri dalam mengisi bbm.

2. Tahap Pengisian Bahan Bakar Minyak

Untuk sepeda motor pada jarak antrian dua atau tiga motor sebaiknya segera bersiap untuk diisi bensinnya seperti mematikan mesin dan membuka tutup tangki bensin. Dorong motor ketika antrian mulai maju. Untuk mobil lakukan langkah tersebut saat sudah berada di tempat selang pengisian bensin.

Saat petugas sudah siap dengan perintah anda, sebutkan jumlah bbm yang akan diisikan ke motor atau mobil anda. Anda bisa minta diisikan penuh / full, diisi berdasarkan jumlah nominal uang, maupun diisi berdasarkan jumlah liter bensin. Pastikan meteran / argo selang bbm kembali ke angka nol sebelum bbm diisikan.

Ketika bahan bakat minyak / bbm sedang diisi siapkan uang atau pembayaran lain anda untuk membayar bbm yang anda beli. Ketika bensin selesai diisi, bayarlah petugas sesuai jumlah yang anda isi. Minta bill / bon jika anda membutuhkan bukti pembayaran pengisian bensin.

3. Tahap Akhir Pengisian Bensin

Setelah anda bayar bensin kepada petugas pengisi bbm langkah selanjutnya adalah menutup tangki bensin kendaraan anda dengan rapat. Kemudian cek kembali apakah ada sesuatu yang salah atau janggal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah menginggalkan pem bensin. Setelah semua oke kembali ke mobil atau motor, nyalakan mesin dan tinggalkan pompa bensin dengan tenang.

Untuk sepeda motor mungkin membutuhkan waktu ekstra ketika bbm telah dibayar, tutuplah tangki bensin anda lalu dorong motor anda ke tempat yang tidak menghalangi antrian di belakang anda. Kemudian jika sidah tidak menghalangi motor lain yang antri anda dapat melanjutkan menutup serta merapikan sekitar tangki bensin dan jok motor anda. Lalu setelah semua beres dan oke anda bisa menyalakan mesin dan pergi menginggalkan tempat pengisian bahan bakar tersebut.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tahap/Langkah Mengisi Bensin/BBM Di Pompa/Pom Bensin Cepat Dan Aman - Tips Kendaraan Motor Dan Mobil"

Posting Komentar