Terbaru :
Home » , , , , » Tanda/Ciri-Ciri Teman Yang Tidak Baik/Jahat Membawa Pengaruh Buruk/Jelek

Tanda/Ciri-Ciri Teman Yang Tidak Baik/Jahat Membawa Pengaruh Buruk/Jelek

Oleh godam64 pada 15 April 2012 | 05:28

Tidak semua teman itu baik untuk diri kita. Ada teman yang baik, yang biasa-biasa saja dan ada juga yang tidak baik sehingga tidak layak kita jadikan teman akrab kita. Kita harus berhati-hati dan harus selektif dalam urusan pilih-memilih memilih teman karena baik secara langsung maupun tidak langsung mereka akan memberikan pengaruhnya kepada kita.

Jika kita benar dalam memilih teman bergaul, maka selamat dan sukseslah hidup kita di dunia. Namun jika salah pilih teman dan ikut terpengaruh dalam kesesatan, maka hanya kehancuran dan penderitaan yang kita dapatkan tidak hanya di dunia saja namun juga di akhirat kelak. Untuk apa kita hidup kalau hanya untuk hancur dan sesat karena masalah yang sepele, yaitu salah pilih teman bergaul.

Berikut ini merupakan beberapa tanda atau ciri-ciri dari teman yang tidak baik atau jahat sehingga kita perlu menjaga diri darinya, yaitu antara lain :

1. Fasik / Lupa Tuhan

Banyak orang di sekitar kita yang hidup tanpa melibatkan Tuhan di dalam kesehariannya. Apa yang dia mau dia jalankan tanpa melihat apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Tuhannya. Anda tebak saja sendiri apa yang akan bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak peduli dengan perintah dan larangan Tuhannya. Bisa jadi sangat menyeramkan dan telah terbukti dalam sejarah.

2. Suka Melakukan Perbuatan Maksiat

Jika berteman dengan orang yang suka melakukan maksiat maka dia akan berupaya keras untuk menularkan hobinya kepada kita agar dia punya banyak teman yang sehobi. Orang yang suka ke tempat hiburan malam akan mengajak dan mentraktir kita untuk ikut dalam kelompoknya. Dia akan sangat senang sekali jika kita jatuh terperosok dalam jurang yang sama dengan dirinya.

3. Kecanduan Sesuatu yang Buruk

Rokok, minuman keras, narkoba, dan sebangsanya yang dapat membuat manusia kecanduan atau ketergantungan jika mengkonsumsinya adalah teman bagi orang-orang yang tidak baik. teman yang buruk adalah orang yang mudah menerima tawaran untuk mengkonsumsi benda-benda terlarang yang dapat membuat kecanduan.

4. Tidak Mau Menolong Teman yang Kesulitan

Kalau ada temannya yang sedang menderita dan butuh pertolongan maka dia masa bodoh dan mungkin bisa jadi malah mentertawakan penderitaan temannya itu. Tapi giliran dia yang mendapatkan masalah, maka akan meminta pertolongan dari teman-temannya.

5. Suka Membicarakan Keburukan Orang Lain

Untuk apa berteman baik dengan orang yang gemar membicarakan hal-hal buruk tentang teman atau orang lain karena suatu saat dia pun akan membeberkan segala sesuatu yang buruk pada diri kita kepada orang lain. Mungkin saja dia menebar fitnah tentang diri kita jika dia tidak suka dengan kita. Walaupun demikian dia akan tidak suka jika dibicarakan keburukannya oleh orang lain.

6. Jorok

Orang yang jorok akan banyak kuman-kuman penyakit yang mungkin bisa menular kepada kita. Berteman akrab dengan orang yang kurang menjaga kebersihannya pun juga akan membuat kita sering merasa jijik dengan penampilan dan kelakuannya ketika berada di dekatnya.

7. Suka Berkelahi

Jika kita berkawan baik dengan orang-orang yang suka berantem dan tawuran maka kita harus siap-siap dipinta bantuan olehnya untuk ikut serta dalam kegiatan berkelahi kawan kita tersebut. Bisa saja kita tiba-tiba diserang oleh musuh teman kita sehingga mau tidak mau kita jadi ikut terlibat dalam aktivitas perkelahian teman kita itu. Kita juga perlu waspada dengan teman kita yang suka adu domba dan memecah belah kawan-kawannya yang dikehendaki untuk kepentingan atau golongan pribadi semata.

8. Memiliki Pemahaman / Prinsip yang Sesat

Hati-hati kita bisa didoktrin oleh teman kita yang berpaham aliran sesat. Di sekolah, di kampus, di lingkungan sekitar rumah, di lingkungan kantor, di lingkungan masjid dan lain sebagainya bisa saja ada teman kita yang terpengaruh aliran sesat di mana dia diwajibkan mempengaruhi temannya untuk ikut bergabung ke dalam aliran sesat tersebut. Tidak terbatas pada aliran saja, namun juga pada hal lain seperti ideologi, brutalitas, suku ras agama, gaya berpikir, mistik, pola hidup, fanatisme sempit, dan lain-lain.

9. Gengsi Tinggi

Jangan kita sampai ikut-ikutan menjadi orang yang mudah gengsian, suka pamer, hedon, hanya mau berteman yang selevel, borju, cinta harta, dan lain sebagainya. Bila kita secara fisik orangnya berkelas maka mungkin dia mau berteman dekat dengan kita. Namun jika penampilan dan gaya kita biasa-biasa saja atau bahkan kuno mungkin dia enggan berteman dekat dengan kita.

10. Malas

Mau melakukan aktivitas apa pun dengan teman-teman kita yang malas ujung-ujungnya tidak dikerjakan atau lama penyelesaiannya. Punya teman yang malas juga bisa menular kepada kita jika terlalu akrab. Bentuk-bentuk kemalasan contohnya seperti malas sekolah, malas mengerjakan tugas kuliah, malas belajar, malas mencari prestasi, malas memikirkan masa depan, malas ibadah, dan lain sebagainya.

-----
Bertemanlah dengan siapa saja baik orang baik maupun orang yang tidak baik. Jangan jadikan orang-orang yang menurut kita tidak baik sebagai musuh kita. Mereka juga manusia yang butuh diingatkan dan diluruskan ketika salah jalan. Mereka juga manusia yang bisa salah memilih jalan lalu kembali ke jalan yang benar dengan bertobat. Jadilah orang yang berakhlak baik agar disukai semua teman-teman kita serta dapat menggugah hati teman yang tidak baik untuk mau berubah menjadi baik.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger