Teknik, Cara, Metode Pembuangan & Pengelolaan Tempat Sampah Akhir - Sanitary, Ladfill, Incineration, Kompos, Pulverisation, Dll

Mengolah sampah dengan baik tanpa ada masalah adalah idaman setiap kota-kota di dunia. Dengan mengelola dan mengolah sampah dengan baik maka dapat mengurangi resiko timbulnya berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan dari sampah yang tidak dikelola dan dirawat dengan sepenuh hati.

Tehnik-teknik yang dapat digunakan untuk menajemen sampah perkotaan :

1. Sampah menjadi Kompos
Sampah biologis, basah atau organik dapat dijadikan kompos dengan cara menimbun sampah tersebut di tanah untuk jangka waktu tertentu hingga membusuk.

2. Pangan dan Makanan Ternak
Sampah yang berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang belum sepenuhnya rusak dapat dijadikan makanan ternak atau binatang lain yang dikebang biakkan. Biasanya sampah sayur dan buah banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional berserakan di mana-mana.

3. Landfill
Jenis ini adalah yang paling mudah karena hanya membuang dan menumpuk sampah di tanah yang rendah pada area yang terbuka. Metode ini sangat mengganggu estetika lingkungan.

4. Sanitary Landfill
Mirip dengan metode ladfill namun sampah tersebut ditutup dan diuruk tanah. Cara ini biasanya menggunakan alat-alat berat yang berharga mahal.

5. Pulverisation
Pulverisation adalah metode pembuangan sampah langsung ke laut lepas setelah dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil.

6. Incineration / Incinerator
Metode incineration adalah pembakaran sampah baik dengan cara sederhana maupun modern secara masal. Teknologi memungkinkan hasil energi pembakaran diubah menjadi energi listrik.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Teknik, Cara, Metode Pembuangan & Pengelolaan Tempat Sampah Akhir - Sanitary, Ladfill, Incineration, Kompos, Pulverisation, Dll"

Posting Komentar