Tempat yang Sering Didatangi, Dikunjungi dan Disenangi Semut

Di dunia ini kita hidup berdampingan dengan berbagai jenis semut.  Semut ada di mana-mana di sekitar kita, mulai dari di dalam rumah hingga yang ada di atas gunung.  Akan tetapi semut mungkin tidak ada di kutub, di kawah gunung berapi, di dalam laut, di dalam inti bumi, di luar angkasa, dan tempat-tempat ekstrim lainnya yang tidak begitu mendukung kehidupan makhluk hidup di dalamnya.  Jika kita jeli, kita mungkin akan melihat semut ada di mana-mana di mana pun kita berada, karena semut memang didesain khusus untuk memiliki daya tahan yang tinggi untuk bertahan hidup di berbagai situasi dan kondisi.

Beberapa Tempat yang Disenangi / Digemari Semuat untuk Disambangi :

1. Tempat yang Ada Makanan Manusia

Semut sangat menyenangi makanan sisa maupun makanan utuh manusia yang dapat dimakan oleh mereka.  Jika seekor semut berhasil menemukan makanan sisa-sisa yang bisa dikonsumsi oleh mereka, maka semut tersebut akan memanggil bala bantuan teman-temannya untuk membawa sisa makanan yang tidak terbawa olehnya ke sarang.  Pada umumnya semut tidak akan berhenti mengais makanan sebelum makanan itu habis.

2. Tempat yang Ada Makanan Alami

Semut secara alami memakan makanan alami yang ditemuinya di alam lingkungan di sekitarnya.  Ada semut yang suka daun-daunan, biji-bijian, bunga-bungaan, serangga-seranggaan, larva-larvaan, telur-teluran, dan lain sebagainya.  Dalam berburu makanan biasanya suatu koloni semut memiliki semut pemotong makanan dengan ciri kepala dan taring yang lebih besar dibandingkan dengan semut pekerja yang ada di dalam koloninya.  Dengan adanya semut pemotong, maka pekerjaan mencari makanan di alam terbuka menjadi lebih mudah.

3. Tempat yang Air atau Minuman yang Disenanginya

Semut juga membutuhkan air untuk keperluan dirinya sendiri maupun untuk koloninya.  Setiap makhluk hidup membutuhkan air.  Semut pun juga dapat membawa air melalui perutnya.  Terkadang kita melihat banyak semut berada di gelas minuman kita seperti sedang minum massal.  Semut pun biasanya meninggalkan gelas minum tersebut dengan perut yang mengembang, dan terkadang bisa terlihat isi cairan yang ada di perutnya untuk jenis semut tertentu.

4. Tempat yang Ada Bangkai yang Disukainya

Bangkai binatang / hewan juga merupakan makanan yang digemari semut-semut jenis tertentu.  Bangkai nyamuk, lalat, belalang, kecoa, cicak, kadal, ular, burung, kucing, dan bahkan juga bangkai manusia bisa dikonsumsi oleh semut.  Mungkin kita pernah melihat sekumpulan semut sedang mengerubuti bangkai binatang yang lama-kelamaan bangkai tersebut habis tinggal tulang belulang saja.  Manusia yang meninggal dunia tanpa terurus jenazahnya mungkin bisa menjadi santapan semut dan hewan-hewan lainnya yang dalam jangka waktu tertentu bisa menyisakan tulang belulang saja.

5. Tempat yang Tidak Jauh Dari Sarang Semut

Semut biasanya akan patroli di sekitar sarangnya untuk mencari makanan dan minuman untuk kebutuhan dirinya dan koloninya.  Tempat yang tidak jauh dari sarang semut juga biasanya menjadi jalur transportasi semut.  Kita pasti sering melihat ratusan hingga ribuan semut berbaris rapi membentuk jalan semut.  Ada yang ke arah yang menjauhi sarang dan ada pula semut yang menuju ke arah sarang.

Semut adalah hewan yang harus kita biarkan hidup bebas di alamnya selama tidak mengganggu kita.  Ada begitu banyak manfaat semut bagi kehidupan.  Apabila kita ganggu kehidupan semut-semut, maka stabilitas ekosistem dan rantai makanan kehidupan bisa mengalami gangguan yang akhirnya berimbas pada kita manusia.  Atas segala kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Semoga memberi manfaat dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tempat yang Sering Didatangi, Dikunjungi dan Disenangi Semut"

Posting Komentar