Tips Cara Berkenalan Dengan Orang Lain Yang Baru Bertemu Pertama Kali

Berkenalan dengan orang-orang baru di sekitar kita tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Orang datang silih berganti yang satu dengan yang lain di lingkungan sekitar kita yang butuh perhatian kita agar bisa menciptakan kondisi sosial yang baik. Tanpa hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar kita akan dapat menciptakan hidup yang hambar dan sepi.

Masalahnya adalah tidak semua orang mampu bersosialisasi dengan baik termasuk untuk urusan berkenalan dengan orang lain yang baru sekali bertemu. Bagi orang-orang yang mengalami kesulitan berkenalan saat bertemu dengan orang asing yang belum dikenal baik laki-laki maupun perempuan, berikut ini adalah tips-tipsnya :

1. Tebar Senyuman dan Pesona Terbaik

Senyum adalah awal dari hubungan yang baik antara manusia dengan yang lain. Dengan senyuman yang wajar dan bersahabat, akan menarik simpati orang lain. Perkenalan yang dimulai dengan senyuman tingkat kegagalannya tidak terlalu besar.

2. Diawali Pertanyaan-Pertanyaan Basa-Basi

Berilah sapaan standar seperti pak, bu, mbak, mas, dik, bang, kaka, dan lain sebagainya, lalu bertanyalah yang ringan-ringan dan umum digunakan oleh orang-orang yang melakukan kenalan. Contohnya seperti tinggal di mana? hari ini panas sekali ya? mau ke mana pak? jam berapa mas? kuliah di mana mbak? dan lain-lain. Kemudian selanjutnya lanjutkan obrolan mengikuti alur yang ada.

3. Perkenalan Nama dengan Jabat Tangan

Setelah terasa akrab dengan pertanyaan-pertanyaan dasar, sambung dengan berkenalan nama agar bisa lebih dekat lagi hubungan yang baru dijalin. Jangan sampai kita melakukan pendekatan namun setelah selesai tidak tahu siapa nama orang yang baru kita ajak bicara tadi.

4. Menyisipkan Canda dan Tawa

Ciptakan situasi dan kondisi yang nyaman dan menyenangkan dalam melakukan komunikasi dengan orang yang baru kita kenal dengan memasukkan sesuatu yang kira-kira bisa membuat orang yang baru kita kenal tersebut bisa tersenyum lebar dan tertawa.

5. Membahas Topik-Topik Hangat

Pembicaraan bisa dikaitkan dengan topik-topik hangat yang sedang terjadi dan banyak dibicarakan orang. Ada banyak tema topik yang bisa kita pilih untuk menjadi bahan pembicaraan. Pilih tema yang ringan dan kira-kira akan mendapat respon yang positif dari orang itu. Tiap orang punya tema yang disukai dan tema yang tidak disukai sehingga kita harus pintar-pintar pilih tema topik yang mau dibahas.

6. Singgung Sedikit Masalah Keluarga

Ada orang yang beranggapan bahwa hubungan antar manusia itu belum bisa dibilang dekat jika belum membicarakan masalah keluarga. Kita bisa mencoba sedikit menyinggung masalah keluarga dan kemudian lihat responnya apakah baik atau kurang baik. Jika baik, maka lanjut bahas masalah keluarga lebih dalam siapa tahu kita bisa bantu menyelesaikan masalah keluarganya.

7. Anggap Seperti Teman Dekat

Orang lain yang belum begitu kenal dengan kita akan menjadi suka dengan kita jika kita menganggapnya sebagai teman. Jadi anggaplah orang yang baru kita kenal tersebut adalah teman dekat kita atau bahkan sahabat kita sehingga dapat meningkatkan hubungan baik dalam waktu yang relatif singkat.

8. Jalin Hubungan Baik Jangka Panjang

Bina dengan sebaik mungkin hubungan selanjutnya dan anggap orang itu sudah menjadi teman kita. Jangan berpikiran yang negatif pada orang yang baru kita kenal karena bisa merusak hubungan kita dengan orang tersebut. Jangan menilai orang hanya dari penampilan fisik dan status sosial saja. Jika bertemu luangkan waktu yang cukup untuk bersosialisasi dengannya.

----

Manusia adalah makhluk hidup sosial yang butuh berkomunikasi dan berinteraksi secara baik-baik dengan orang lain. Manusia saling membutuhkan satu sama lain karena tidak mungkin mampu mencukupi seluruh kebutuhan hidupnya seorang diri. Ketika kita sedang mengalami kesulitan, maka kita akan meminta pertolongan orang lain. Oleh karena itu bantulah orang lain yang butuh pertolongan kita. Mari kita jalin hubungan sosial yang baik dan jadilah orang yang bermanfaat bagi banyak orang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Berkenalan Dengan Orang Lain Yang Baru Bertemu Pertama Kali"

Posting Komentar