Tips Cara Bermain / Menyalakan Kembang Api yang Aman

Kembang api adalah suatu benda yang bisa memancarkan percikan-percikan api apabila dibakar oleh orang yang memainkannya.  Kembang api bentuknya ada yang panjang dan ada yang pendek.  Terbuat dari kawat besi yang dilumuri bahan kimia tertentu yang dapat memercikkan api indah apabila terbakar.  Untuk menghidupkan kembang api, seseorang harus membakar ujung kembang api yang terdapat bahan bakarnya dengan api atau bara api yang membara.

Masalahnya terletak pada cara menyalakan kembang apinya.  Jika menggunakan korek api batangan kayu atau korek api gas, maka kita sama saja membahayakan tangan kita yang memegang korek karena dapat cedera luka bakar akibat terkena percikan dari kembang api yang baru terbakar menyala sempurna.  Keterbatasan jarak bakar menyebabkan banyak orang yang takut untuk menyelakan kembang api dengan korek-korek biasa yang banyak beredar di indonesia.

Untuk meminimalisir kemungkinan tangan terbakar terkena loncatan percikan api dari kembang api yang menyala, maka diperlukan trik-trik khusus untuk menyalakan kembang api secara aman.  Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan / menyalakan kembang api :

1. Mengikat Korek Api

Ikat batang korek api di kayu atau besi dengan tali atau karet kemudian dinyalakan.  Atau bisa juga dinyalakan terlebih dahulu hingga apinya besar lalu diletakkan di tempat.  Pada saat api menyala itulah waktu yang tepat untuk membakar kembang api.

2. Menggunakan Kompor Gas

Cara yang kedua adalah dengan menyalakan kompor gas, lalu bakar kembang api di atas kompor gas tersebut.  Setelah kembang api menyala dan memercikkan api ke segala penjuru / arah, maka segera matikan kompor gas secara sempurna.

3. Membakar di Tabunan Api

Api yang menyala-nyala pada api unggun atau sampah yang terbakar bisa dijadikan alat untuk menyalakan kembang api.  Dekatkan saja kembang api dengan api yang menyala-nyala agar kembang apinya bisa menyala / hidup.

4. Bara Api

Jika terdapat kembang api yang baru saja mati dengan bara apinya yang terlihat jelas, maka itulah saat yang tepat untuk menempelkan kembang api yang masih baru dengan bara api yang masih menyala terang.  Mudah-mudahan kembang api anda dapat segera menyala.

Peringatan :
Anak-anak harus selalu didampingi oleh orang dewasa yang sehat secara jasmani dan rohani untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan semua pihak.  Kembang api dan petasan adalah benda-benda yang mengandung resiko bahaya yang cukup tinggi.  Oleh karena itu sebaiknya tidak menganggap remeh kembang api maupun petasan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Bermain / Menyalakan Kembang Api yang Aman"

Posting Komentar