Terbaru :
Home » , , , , » Tips/Cara Hemat Belanja Barang Kebutuhan Sehari-Hari Serta Produk Dan Jasa Lainnya

Tips/Cara Hemat Belanja Barang Kebutuhan Sehari-Hari Serta Produk Dan Jasa Lainnya

Oleh godam64 pada 05 Maret 2008 | 22:34

Lebih besar pasak daripada tiang adalah sebutan bagi orang-orang yang memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan atau penghasilan yang diterima. Untuk melakukan menghemat uang anda, salah satu teknik yang cukup ampuh adalah melakukan kontrol pada saat belanja barang-barang kebutuhan baik untuk sehari-hari maupun belanja produk atau jasa lainnya.

Anggap setiap rupiah yang anda miliki adalah sangat berharga. Pada tulisan pada situs organisasi.org kali ini mengangkat tips hemat ketika berbelanja dengan point-poin sebagai berikut di bawah ini :

1. Membuat Daftar Belanja

Buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga setiap awal bulan untuk kebutuhan selama periode satu bulan penuh. Hindari pembelian berang dan jasa di luar daftar beli tersebut kecuali dalam keadaan terdesak. Hindari pembelian barang yang tidak diperlukan atau berlebihan. Belanjalah sekali sebulan di tempat yang murah dan dekat untuk menghemat biaya transportasi, tenaga dan waktu anda.

2. Mambawa Uang Tidak Berlebih

Metode jitu yang pasti manjur adalah membawa uang sesuai daftar belanja dan ongkos pulang pergi dengan sedikit duit tambahan yang tidak boleh dipakai jika tidak terpaksa. Jangan bawa kartu kredit dan kartu atm anda untuk menghindari pembelian tanpa perencanaan.

3. Persiapan Sebelum Ke Pusat Perbelanjaan

Persiapkan diri anda di rumah sebelum berangkat untuk menghindari hal-hal yang dapat memperbesar pengeluaran anda. Makan dulu hingga kenyang sebelum berangkat agar tidak jajan di luar, percantik diri agar tidak perlu ke salon, istirahat dulu sebelum belanja agar tidak perlu pijat, buang air terlebih dulu agar tidak ke toilet saat berlanja (kecuali gratis masuk toilet, dan lain-lain.

4. Tidak Mudah Terpengaruh Penawaran Harga Promosi

Ketika belanja di supermarket, hipermarket, minimarket, dan lain sebagainya mungkin akan ada promo potongan harga, diskon, rabat, harga spesial, beli dua dapat satu, pembelian dengan pembelian, produk unik, dan lain sebagainya. Semua godaan tersebut harus anda abaikan dan konsentrasi penuh pada daftar belanja anda saja. Jika promo itu berhubungan dengan daftar belanja anda dan dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama mungkin dapat anda pertimbangkan secara bijaksana.

5. Batasi Waktu Belanja
Beri batasan waktu dalam berbelanja untuk menghindari cuci mata untuk melihat barang-barang di luar produk dalam daftar belanjaan anda, main games, makan, minum, ngemil, nyalon, dan lain sebagainya. Utamakan selesaikan belanja barang dalam daftar belanja yang anda buat. Apabila setelah waktu yang ditentukan belum selesai maka beri tambahan waktu dan langsung pulang ketika selesai. Semakin cepat maka semakin hemat dalam hal biaya parkir jika anda membawa kendaraan sendiri.

6. Tidak Membawa Anak Dan Anggota Keluarga Lain

Belanjalah sendiri untuk mengurangi resiko berdebat dengan anggota keluarga masalah barang yang dibeli, anak merengek minta dibelikan sesuatu, anggota keluarga minta makanan atau jajanan, dan lain sebagainya yang dapat membengkakkan biaya belanja yang harus dialokasikan.

---

Keterangan :
Tips ini hanya untuk orang-orang yang ingin menekan pola konsumsinya ketika berbelanja. Tidak berlaku bagi yang berpenghasilan lebih besar dari pengeluaran, yang ke tempat berbelanja hanya sekedar untuk cuci mata, dan lain sebagainya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger