Tips Cara Hemat Biaya Akses Internet (Irit Murah Meriah) Secara Mudah

Internet di negara kita Indonesia umumnya tidaklah gratis baik untuk pemakaian di rumah, handphone, warnet umum, hotspot dan lain sebagainya. Bagi orang yang banyak duit jelas biaya internet bukanlah masalah, namun bagi yang berkantong tipis butuh trik cara yang dapat membuat akses internet jadi lebih murah.

Berikut ini adalah tips cara untuk mempermurah pembayaran internet baik yang dihitung berdasarkan waktu (time based) maupun yang berdasarkan besar kecil data transfer (volume based) :

1. Baca dan Ketik Offline

Untuk yang time based sebaiknya jangan membaca tulisan pada saat sedang online sehingga save saja ke dalam harddisk, disket atau usb flashdisk yang kita punya. Jika mau berkirim email atau mengirim artikel ke blog pribadi kita sebaiknya diketik dulu hingga matang sehingga ketika online kita tinggal login ke akun email atau blog, kemudian posting dan akhirnya akhiri koneksi internet.

2. Hemat Limit Bandwith

Bagi yang menggunakan volume based sebaiknya disetting browser yang digunakan (internet explorer, mozilla firefox, opera, google chrome, safari dan lain-lain) dengan settingan yang tidak menampilkan animasi flash, suara, video dan gambar sehingga web yang ditampilkan akan tampil minimalis dengan bandwith yang rendah sehingga tidak memakan data transfer (bandwidth) terlalu besar.  Gunakan opera mini atau UC browser mini jika menginginkan penghematan bandwidth yang sangat signifikan.

3. Konsisten Pada Apa Yang Ingin Dilakukan

Bila perlu catat apa-apa saja yang perlu kita lakukan ketika online dan kita harus bergerak cepat dan patuh pada daftar kegiatan selama online. Dengan begitu waktu berselancar di dunia maya akan singkat dan tidak bertele-tele. Seringkali jika kita lengah kita akan jalan-jalan ke web yang aneh-aneh yang tidak ada hubungannya dengan apa yang kita rencanakan semula.

4. Pasang Pencatat Data Transfer / Bandwidth

Hati-hati jika koneksi internet yang kita punya dibatasi jumlah penggunaannya dari sisi besar kecil data transfer karena jika kita sering buka video online maka dalam waktu singkat pun jatah kita akan habis dan akhirnya kena denda karena kelebihan pemakaian alias over kuota. Cari program / software pencatat penggunaan internet di google, download dan install. Jika pencatat sudah mendekati kuota maka sebaiknya puasa pakai internet sampai kouta reset jadi 0 lagi.

5. Perhatikan Hal Kecil

Jangan lupa disconect koneksi internet yang tersambung secara benar setelah selesai dipakai dari windowsnya atau dari program bawaannya. Kadang jika lupa bisa jadi pulsa waktu akan terus terhitung walaupun komputer kita mati.

6. Bersihkan Komputer Kita dari Virus, Trojan, Dkk

Virus bisa saja membuat komputer kita jadi zombie yang akan mengirim banyak email, spam dan flood koneksi sampah sehingga otomatis itu akan membuat penggunaan internet kita membengkak. Komputer yang telah jadi zombi akan sangat berbahaya bagi orang yang punya koneksi internet terbatas berdasarkan volume pemakaian.

Semoga membantu dan silahkan beri tambahan jika ada. Terima Kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Hemat Biaya Akses Internet (Irit Murah Meriah) Secara Mudah"

Posting Komentar