Terbaru :
Home » , , , » Tips Cara Masuk UI ITB UGM UNDIP UNAIR UNPAD UNIBRAW UNJ UNILA UNS & PTN Lainnya Untuk Kuliah

Tips Cara Masuk UI ITB UGM UNDIP UNAIR UNPAD UNIBRAW UNJ UNILA UNS & PTN Lainnya Untuk Kuliah

Oleh godam64 pada 18 Oktober 2008 | 23:27

Hampir semua anak sma golongan menengah ke bawah mendambakan untuk bisa diterima kuliah di kampus negri karena biaya yang relatif murah, kualitas yang baik terjaga, lulusannya yang cukup diperhitungkan, dan lain-lain. Jadi anak kuliahan di ptn ternama pun memberi kebanggaan tersendiri bila dibandingkan anak kuliah dari kampus yang tidak jelas.

Untuk anak yang memiliki orang tua atau wali yang kaya raya alias tajir umumnya mereka memandang kampus negeri itu kurang bagus, karena jika dibandingkan dengan kuliah di luar negeri (negara maju) atau kampus swasta mahal kualitas internasional, perguruan tinggi negeri / PTN masih ketinggalan jauh.

Bagi sebagian orang, kuliah di kampus negeri sama mahalnya dengan kuliah di swasta akibat minimnya subsidi pemerintah untuk sektor pendidikan serta adanya otonomi kampus. Walhasil mahasiswa yang berasal dari golongan menengah ke atas dipaksa untuk membayar mahal untuk mensubsidi kawan-kawan mereka yang berasal dari golongan miskin / kurang mampu.

Pada kesempatah kali ini situs organisasi.org akan memberikan tips agar bisa jadi mahasiswa / mahasiswi PTN :

1. Ikut Seleksi Masuk Program Sarjana Reguler S1 & Jalur Khusus

Setiap tahun biasanya dibuka penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai seleksi penerimaan mahasiswa bari. Biasanya diperuntukkan bagi fresh graduate sma maksimal 3 tahun terhitung sejak lulus sma. Saringan masuk yang harus diikuti cukup ketat seperti SIPENMARU, UMPTN, SPMB, SNMPTN, dan lain sebagainya. Bisa juga masuk melalui jalur khusus sesuai dengan kebijakan kampus negeri masing-masing.

2. Daftar Program Diploma / D3

Program ini biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada yang program sarjana S1 reguler, namun lulusannya umumnya tidak kalah kulitas dengan yang reguler pada tingkatannya. Pada program ini ada juga tes seleksi masuknya namun tidak sesulit program reguler.

3. Daftar Program Ekstensi / Extension

Program ini ditujukan bagi mahasiswa lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana S1. Juga ada tes masuk dan cukup sulit juga untuk program studi favorit.

4. Daftar Prgram Pasca Sarjana S2 / S3

Bagi lulusan S1 dan S2 yang ingin menuntut ilmu lebih dalam atau sekedar mendapat gelar yang lebih tinggi dan bonafid dapat melanjutkan studinya ke program pasca sarjana di perguruan tinggi negeri.

Tips Umum Agar Bisa Diterima Masuk PTN Kesayangan Kita :

- Untuk bisa diterima di PTN favorit yang jelas kita harus belajar untuk menghadapi tes seleksi masuk dengan sungguh-sungguh.
- Pilih bidang studi yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan kita dan sesuai dengan bakat dan minat kita.
- Tidak lupa kita berdoa agar Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita.
- Latihan juga soal-soal yang pernah keluar di tahun sebelumnya untuk mengetahui jenis-jenis soal tes yang keluar.
- Jangan memporsir belajar kita agar kondisi fisik dan mental kita tetap fit dan normal.
- Biasakan tidak gegabah / sembrono dalam mengerjakan soal. Jangan sampai lupa menulis nama, nomor tes, kode soal, dll.
- Persiapkan alat tulis untuk tes jauh-jauh hari agar tidak stress saat menjelang ujian tes seleksi masuk ptn.
- Jangan terlalu fanatik agar jika gagal masuk ptn tidak stres / depresi.
- Persiapkan kemungkinan tidak masuk ptn dengan mencari pts sebagai cadangan.

Apapun asal tempat kuliah kita (abal-abal & biasa), selama kita akhiri dengan ijazah perguruan tinggi negeri, maka akan jauh lebih membanggakan ketimbang mendapatkan ijazah dari kampus yang tidak jelas. Contoh misalnya kita ambil D3 atau S1 di kampus mana saja asalkan bisa melanjutkan di PTN lalu setelah lulus melanjutkan mengambil S1 atau S2 S3 di PTN terkemuka dan terpercaya.

Tambahan :
Di situs organisasi.org ini terdapat daftar PTN di Indonesia. Anda bisa cari lewat browsing atau fasilitas pencarian di situs web ini.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger