Tips Cara Membeli/Memiliki Rumah Pribadi Murah, Mudah dan Cepat

Bagi orang yang memiliki pengahasilan kecil yang setara atau bahkan di bawah upah minimum provinsi UMP atau UMR, memiliki rumah sendiri adalah sesuatu hal yang sangat sulit.  Harga rumah yang sangat tinggi bagi orang-orang yang berpenghasilan rendah memang memperlihatkan betapa parahnya perekonomian di negara kita.  Namun dengan demikian bukan berarti setiap orang yang mempunyai penghasilan rendah untuk menyerah pada keadaan.  Justru di sanalah letak tantangannya yang hanya bisa dilalui oleh orang-orang yang cerdas bermental baja.

Kemiskinan bukanlah akhir dari impian untuk memiliki rumah sendiri di tempat yang layak.  Selama seseorang memiliki penghasilan yang lebih dari kebutuhan pokok pribadi minimalis, maka orang tersebut memiliki kesempatan untuk mempunyai rumah sendiri.  Jangan melihat harga rumah-rumah yang ada di sekitar kita dengan harga yang setinggi langit.  Di bawah langit pun masih ada langit, karena bumi itu bulat sehingga langit mengelilingi kita, termasuk yang ada di bawah kita.

Yang jelas untuk bisa memiliki rumah membutuhkan beberapa sifat berikut ini :

1. Memiliki tingkat kesabaran yang tinggi
2. Memiliki keingingan yang kuat memiliki rumah
3. Rajin menabung, hemat dan tidak boros
4. Gaya hidup sederhana, tidak iri dan tidak gengsian
5. Siap bekerja tambahan di luar jam kantor (pekerja keras)
6. Pintar dan tegas dalam mengatur pengeluaran
7. Gesit dalam mencari informasi dan melakukan survey lokasi
8. Pintar bernegosiasi dan tawar-menawar dengan penjual
9. Tidak mudah rendah diri dalam menerima celaan
10. Tenang dan tidak tergesa-gesa dalam membuat keputusan

Apabila anda sudah memiliki sifat-sifat di atas, maka anda bisa mempraktekkan cara cepat, mudah dan murah tanpa harus berhubungan dengan bank konvensional maupun bank syariah yang telah menyebabkan keruntuhan muamalah kita dengan uang-uangannya.  Sifat-sifat di atas harus dipraktekkan dengan penuh penghayatan agar bisa berhasil dengan baik.  Setelah rumah telah secara penuh dimiliki, barulah anda bisa kembali ke berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini membinasakan diri anda sendiri.  Namun, kembali ke kebiasaan buruk lama berarti anda akan mendapatkan keburukan dunia dan akhirat.  Dengan demikian maka buanglah setiap hal-hal buruk yang ada di dalam diri anda dan jadilah orang yang baik secara penuh.

Cara Memiliki atau Membeli Rumah Secara Cepat, Mudah dan Murah :

1. Mengumpulkan Uang

Berubahlah menjadi orang yang sederhana dan bijaksana.  Tabunglah setiap uang yang anda miliki di luar kebutuhan pokok minimalis.  Berhenti menjadi orang yang boros dan gengsi tinggi.  Jadilah orang yang pelit untuk diri sendiri dan orang lain untuk sementara waktu, namun tetap ringan tangan untuk bersedekah.  Berhenti merokok, jajan, jalan-jalan, berlangganan internet di handphone, membeli sesuatu yang tidak mendesak sekali, dan lain sebagainya yang menguras uang yang anda miliki.  Usahakan sekuat tenaga untuk bisa menabung tiga ratus ribu hingga satu juta rupiah perbulan.  Dalam satu tahun anda bisa mendapatkan jutaan rupiah di dalam tabungan anda.  Jangan lupa untuk menyimpan uang anda di tempat yang aman dalam bentuk emas atau perak agar tidak hilang dicuri orang serta aman dari inflasi (perampokan nilai uang tanpa kita sadari).

2. Pemasukan Tambahan

Selain menabung secara ekstrim, anda juga bisa menjual barang-barang berharga milik anda seperti handphone mahal, barang-barang elektronik, perabot rumah tangga, barang bekas, dan lain sebagainya.  Uang hasil penjualan barang bisa kita belikan emas dan perak untuk ditabung.  Cari juga pekerjaan tambahan yang bisa menghasilkan uang untuk bisa ditabung sebagai modal memiliki rumah sendiri.

3. Membeli Tanah

Ketika uang yang terkumpul telah dirasa cukup maka selanjutnya adalah membeli tanah.  Ada begitu banyak tanah murah yang dijual di luar sana dengan harga seratus ribu rupiah ke bawah permeter persegi.  Pilihlah daerah yang dekat dengan akses ke tempat bekerja atau ke tempat yang mudah transportasinya.  Untuk daerah jabodetabek mungkin bisa mencari di daerah bogor, bekasi, tangerang, tangerang selatan dan depok yang dekat dengan stasiun kereta api.  Uang sepuluh juta rupiah dapat anda belikan tanah seluas seratus meter persegi belum termasuk biaya kepengurusan surat-suratnya.  Pilih tanah yang memiliki berbagai keunggulan seperti mudah mengurus surat-suratnya, bebas banjir, strategis, ada akses mobil, dekat fasilitas-fasilitas, memperkecil biaya pengeluaran rutin anda, dan lain sebagainya.  Survey dan pelajari benar-benar lokasi yang ingin anda beli tanahnya agar tidak menyesal kemudian.

4. Membangun Rumah

Setelah tanah terbeli, kemudian anda harus membangun rumah secara bertahap.  Jika uang tidak ada, maka tabunglah uang anda kembali dengan penuh kesabaran selama beberapa bulan atau lebih.  Bangunlah rumah yang sederhana dengan bahan murah seperti rumah bilik bambu yang banyak dipakai oleh villa-villa mahal.  Untuk tahap awal bangunlah sebuah rumah kecil seukuran kost-kosan terlebih dahulu, kira-kira seukuran luas 12 meter persegi.  Jangan lupa untuk membuat sumur air dan membeli pompa airnya.  Urus juga pemasangan jaringan listrik PLN agar ketika menempati rumah nantinya bisa lebih nyaman.

5. Menempati Rumah

Setelah rumah jadi, maka tempatilah rumah tersebut untuk bisa merasakan berbagai kelebihan dan kekurangannya.  Begaulah dengan baik dengan para tetangga, membeli perabot yang anda butuhkan, dan lain sebagainya.   Jika anda merasa nyaman tinggal di sana, maka anda bisa masuk ke langkah-langkah berikutnya.  Apabila anda merasa tersiksa dan tidak nyaman tinggal di rumah tersebut yang bukan karena faktor kesederhanaan fisik rumah, maka anda bisa menjualnya dan mengulangi tahapan membeli tanah, membangun rumah dan menempati rumah hingga anda benar-benar menemukan tempat yang paling tepat untuk tinggal sampai akhir hayat anda.  Anda pun juga sudah bisa menikah dan membentuk keluarga kecil sederhana yang bahagia.  Jika bisa pilihlah pasangan hidup yang mampu mencari uang tambahan tanpa mengorbankan keluarga terutama anak-anak.

6. Mengurus Surat-Surat

Jika anda sudah kerasan tinggal di tempat tersebut, maka anda harus segera mengurus surat-surat resminya seperti serfitikat hak milik atau bentuk sertifikat lainnya yang diakui oleh negara.  Jika belum ada akte jual beli, maka uruslah akte jual belinya dahulu.  Jangan lupa untuk mengurus pajak-pajak yang ada, surat-surat pengantar yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.  Setelah itu maka selanjutnya adalah mengurus izin mendirikan bangunan.  Jika anda ingin menjadi warga resmi di tempat tinggal anda tersebut, maka uruslah kartu tanda penduduk dan kartu keluarga sebagai bukti anda telah resmi menjadi penduduk asli di daerah tersebut.

7. Melakukan Ekspansi

 Setelah semua beres yang terakhir anda lakukan adalah memperluas rumah anda, meningkat rumah anda, membeli tanah di samping kiri, kanan dan belakang rumah anda, mempercantik interior dan eksterior rumah, dan lain sebagainya.  Secara perlahan namun pasti rumah anda akan semakin besar dan semakin bagus.  Bangunlah rumah dengan mengutamakan kesehatan dan kenyamanan hidup, karena salah mendesain rumah dari awal bisa berdampak buruk bagi kebahagian keluaga anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil mewujudkan impian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membeli/Memiliki Rumah Pribadi Murah, Mudah dan Cepat"

Posting Komentar