Tips Cara Memberi Nama Pulau-Pulau Kecil Tanpa Nama di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang paling besar di seluruh dunia.  Negara Indonesia mempunyai 13.000 pulau lebih yang bisa berubah-ubah jumlahnya dari waktu ke waktu.  Pulau-pulau muncul dan tenggelam dari waktu ke waktu akibat berbagai faktor.  Dari jumlah pulau sebesar itu pemerintah mengalami kesulitan untuk memberi nama sejumlah pulau kecil yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.  Sebagai warga negara yang baik tidak ada salahnya untuk membantu tugas pemerintah untuk memberi nama pulau-pulau yang tidak bernama.

Cara ini membutuhkan banyak waktu, biaya dan tenaga.  Hasilnya pun juga belum tentu berhasil diakui oleh pemerintah negara kita.  Namun setidaknya anda telah menghasilkan sesuatu yang penting untuk banyak orang.  Berikut di bawah ini adalah cara-caranya :

1. Kumpulkan Data

Carilah data-data mengenai pulau-pulau yang ada di Indonesia baik pulau yang sudah ada namanya maupun pulau yang sudah ada namanya.  Siapkan pula berbagai perangkat canggih untuk menemukan pulau-pulau tersebut dari peta yang ada.  Bila perlu lakukanlah kerjasama dengan instansi pemerintah terkait yang dapat melegalisasikan pemberian nama pulau yang ada lakukan.

2. Siapkan Nama Pulau

Dari pulau-pulau yang belum bernama buatlah nama untuk mereka.  Nama yang dibuat haruslah bagus, unik, menarik, simpatik, dan tidak sama dengan pulau lainnya yang ada di dunia.  Jika nama yang dibuat kurang bagus bisa mengakibatkan penolakan dari berbagai pihak.

3. Siapkan Bahan-Bahan

Persiapkanlah bahan-bahan bangunan untuk membuat semacam bangunan prasasti kecil yang menandakan anda pernah datang ke pulau tersebut dan memberi nama pulau tersebut.  Siapkan juga bendera merah putih untuk ditancapkan di pulau-pulau yang diberi nama.  Bawa juga berbagai perangkat dokumentasi untuk mendokumentasikan gambaran situasi pulau dan juga kegiatan pemberian nama pulau tersebut.  Jangan lupa menyiapkan logistik berbagai bahan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan untuk bertahan hidup dalam berbagai situasi dan kondisi.

4. Berangkat Ke Pulau

Sewalah perahu penjelajah beserta awak kapal yang berpengalaman untuk pergi ke pulau-pulau tidak bernama yang mungkin saja belum pernah ada orang yang menjejakkan kaki di pulau tersebut.  Dokumentasikan dengan video dan foto kegiatan penjelajahan anda.  Abadikan situasi pulau tersebut dengan alat perekam yang ada seperti hewan yang ada, tumbuhan yang ada, hal-hal unik yang ada, pantai yang ada, dan lain sebagainya.  Selanjutnya buat prasasti kecil untuk mengabadikan kegiatan petualangan anda serta jangan lupa menancapkan bendera merah putih di pulau tersebut.

5. Publikasikan Nama Pulau Anda

Hal penting terakhir yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat semacam publikasi kepada khalayak ramai.  Mempublikasikan foto dan video kegiatan anda di internet, media massa, buku dan juga melaporkan hasil kegiatan anda ke pemerintah agar mendapatkan respon balik.  Mudah-mudahan hasil penamaan pulau dari anda dapat diterima oleh masyarakat luas.

Itulah beberapa ide nyeleneh yang saat ini ada di kepala saya.  Sangat ironis sekali di mana negara kita mempunyai ribuan pulau, namun banyak yang belum didokumentasikan dan bahkan belum diberi nama.  Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara kita Indonesia.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Memberi Nama Pulau-Pulau Kecil Tanpa Nama di Indonesia"

Posting Komentar