Tips Cara Memberikan Penghargaan Kepada Karyawan/Pegawai yang Baik

Para karyawan, pegawai, pekerja, buruh, dan lain sebagainya yang telah bekerja dengan baik sudah selayaknya diberikan suatu penghargaan dari pimpinan atau dari perusahaan.  Penghargaan diberikan sebagai suatu bentuk apresiasi agar orang atau unit yang berprestasi baik tersebut dapat meningkatkan kinerjanya.  Secara tidak langsung pemberian penghargaan dapat memacu persaingan di antara pegawai untuk memperebutkan penghargaan yang dapat diraih.

Beberapa Bentuk Penghargaan Pada Pihak Yang Memiliki Kinerja / Prestasi Kerja Yang Baik :

1. Berikan Sanjungan / Pujian

Jika tidak ada dana yang cukup untuk dijadikan pemberian kepada pihak yang berprestasi baik, maka sanjungan pun sudah cukup untuk membuat pihak yang berprestasi merasa senang karena hasil jerih payahnya dihargai oleh pimpinan atau perusahaan.  Pujian dapat disampaikan secara langsung maupun tertulis, baik di depan umum maupun secara individu.

2. Berikan Perhatian

Selain sanjungan atau pujian, perhatian pun juga penting untuk diberikan.  Karyawan yang baik layak untuk diperhatikan.  Pimpinan atau atasan harus melakukan pendekatan yang baik kepada orang atau unit yang berprestasi.  Bukan sesuatu hal yang tidak mungkin pimpinan bisa mendapatkan masukan atau ide-ide yang brilian dari pihak-pihak yang berprestasi baik pada perusahaan.

3. Berikan Hadiah

Anggarkan dana perusahaan untuk memberikan penghargaan (reward) secara berkala kepada pihak-pihak yang berprestasi di perusahaan.  Penghargaan berupa hadiah adalah suatu insentif yang dapat membuat seseorang yang bekerja di perusahaan menjadi terpacu untuk menjadi yang terbaik demi mendapatkan penghargaan tersebut.  Pastikan penghargaan yang diberikan dapat menarik minat para karyawan untuk mendapatkannya.

4. Berikan Semacam Tanda Penghargaan

Selain penghargaan dalam bentuk hadiah, pujian, dan perhatian perlu juga penghargaan dalam bentuk kenang-kenangan atau memorabilia yang dapat menunjukkan bahwa seseorang atau suatu unit pernah mendapatkan suatu penghargaan atas kinerja baiknya pada perusahaan.  Tanda bukti penghargaan dapat berupa piagam penghargaan, trofi atau piala, sertifikat, surat keterangan, atau yang lainnya yang bersifat tahan lama dan dapat dijadikan hiasan ruangan.

5. Berikan Promosi

Apabila memenuhi syarat, seseorang yang berprestasi baik dapat diberikan kenaikan pangkat atau kenaikan jabatan yang lebih tinggi.  Dengan demikian jenjang karir pada perusahaan dapat diraih melalui berbagai cara yang salah satunya melalui prestasi yang baik.  Yang jelas untuk promosi harus memiliki kemampuan yang cukup untuk menjalankan jabatan barunya di kemudian hari.

Mudah-mudahan dengan adanya pemberian penghargaaan yang menarik bagi karyawan, pegawai, buruh, pekerja, dan lain sebagainya dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara umum.  Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Memberikan Penghargaan Kepada Karyawan/Pegawai yang Baik"

Posting Komentar