Tips Cara Membuat Backup Salinan Data Nomor Telepon dari Handphone/Ponsel Kita

Data-data nomor telepon yang ada di dalam telepon genggam alias handphone kita adalah sesuatu hal yang sangat penting sekali.  Walaupun sangat penting, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa data-data nomer telepon tersebut harus dibuat salinannya agar ketika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan daftar nomer-nomer telepon tersebut masih ada di suatu tempat yang aman.  Entah memang malas atau karena tidak tahu cara membuat salinannya, yang jelas masih banyak orang yang tidak memiliki salinan nomor-nomor telepon yang ada di hapenya.

Nomor telepon anggota keluarga, teman-teman lama maupun baru, rekan bisnis, teman kantor, atasan, bawahan, tetangga, sanak famili, teman dekat, sahabat, dan lain sebagainya mungkin saat ini kita tidak merasakan tingkat kepentingannya.  Namun bayangkan ketika handphone kita hilang atau rusak secara tiba-tiba kita akan sangat merasa kehilangan nomor-nomor telepon tersebut.  Untuk mengumpulkannya kembali diperlukan kerja keras yang cukup melelahkan dan belum tentu bisa lengkap seperti dahulu kala.

Oleh sebab itu mari kita mulai peduli dengan database nomor telepon yang ada pada handphone kita.  Setidak-tidaknya kita mencatatnya di selembar kertas dan menyimpannya baik-baik di tempat yang aman dan mudah kita ingat tempat menyimpannya.  Yakinlah bahwa suatu saat ini catatan nomor telepon hasil tulisan tangan anda tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi anda.  Namun, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membackup seluruh nomor handphone kita dengan lebih aman di bawah ini.

Langkah-Langkah Cara Membuat Salinan atau Back Up Data Nomor Telepon Dari Ponsel / Hand Phone Kita :

1. Ketik semua nomor telepon dari hp kita di software pengolah data atau software pengolah kata (misalnya excel atau word).  Agar rapi urutkan nomor-nomor telepon tersebut berdasarkan urutan alfabet huruf pertama dari nama pemilik suatu nomor telepon.

2. Simpan di komputer atau di laptop kita dengan nama yang mudah diingat seperti "daftar nomor telepon" dan simpan di folder yang mudah di cari.  Jika suatu saat anda lupa tempat menyimpan file nomor-nomor telepon handphone pun anda dapat menggunakan fitur pencari di komputer anda.

3. Print hasil ketikan anda tersebut di selembar atau beberapa lembar kertas.  Kemudian simpan nomor telepon anda di tempat yang tidak mudah dilupakan serta aman dari berbagai kemungkinan hilang.  Bila perlu buat satu atau lebih kopian daftar nomor telepon anda untuk di simpan di berbagai tempat yang berbeda seperti di rumah, di kantor, di rumah orang tua, di rumah teman, di kost-kosan, dan lain-lain.

4. File yang tadinya disimpan di komputer atau laptop kita alangkah sangat baiknya jika kita juga membuat salinannya di dunia maya alias internet.  Buat saja pesan email dengan lampiran file nomor telepon yang telah kita buat untuk dikirimkan ke email kita sendiri.  Atau bisa juga kita menyimpannya di media penyimpanan online gratisan yang banyak beredar di internet.

Mungkin itu saja tips cara menyelamatkan data nomor telepon di handphone anda, mudah-mudahan bisa membawa manfaat yang baik untuk kita semua.  Kurang lebih saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, terima kasih banyak atas kedatangan anda di website yang sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membuat Backup Salinan Data Nomor Telepon dari Handphone/Ponsel Kita"

Posting Komentar