Tips Cara Memperluas Rumah yang Terasa Sempit Agar Menjadi Lega

Rumah adalah tempat kita menghabiskan banyak waktu bersama keluarga serta tempat melakukan berbagai aktivitas lainnya dari waktu ke waktu.  Karena berbagai sebab, rumah yang kita tinggali bisa saja terasa sempit sehingga mengurasi rasa nyaman kita dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari.  Apabila pindah rumah bukan merupakan solusi yang tepat bagi anda, maka ada baiknya ada membaca tips ini siapa tahu bisa membuat rumah anda menjadi lebih terasa lega daripada yang ada saat ini.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat suasana rumah menjadi terasa lega dan luas.  Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Menyingkirkan Barang-Barang

Barang pecah belah dan perabot rumah tangga biasanya mendominasi isi rumah sehingga terasa sangat sempir.  Cobalah anda siapkan satu ruangan atau satu sudut ruangan yang tidak begitu terlihat untuk meletakkan barang-barang perabot rumah tangga dan barang lainnya, kecuali barang-barang yang memang penting seperti tempat tidur, tempat menaruh televisi, kursi tamu dan lain sebagainya.  Pindahkan barang-barang tersebut ke ruang kosong tersebut secara menyeluruh.  Dengan begitu sudah pasti akan membuat rumah anda terasa sangat lega.  Selanjutnya anda tinggal menyesuaikan kembali sesuai kebutuhan anda selama tidak memakan tempat.

2.  Mengganti Perabotan Rumah Tangga

Gantilah perabot rumah tangga anda dengan perabot sejenis yang lebih ringkas sehingga tidak memakan banyak tempat.  Akan jauh lebih baik lagi apabila perabot rumah yang anda miliki memiliki sifat multi fungsi sehingga anda hanya membutuhkan satu perabot atau peralatan dari yang tadinya membutuhkan beberapa perabot atau peralatan.

3. Manipulasi Ruangan

Rumah yang sempit bisa dibuat terasa lega dengan permainan kaca.  Dengan melapisi dinding rumah anda dengan cermin kaca, maka pandangan kita akan menjadi lebih jauh.  Namun cara ini juga bisa membuat pusing serta dapat membuat orang menabrak kaca bagi orang-orang yang belum terbiasa tinggal di rumah kaca.  Permainan desain interior dan pemilihan perabot yang tepat dapat memberikan kesan yang luas di rumah anda.

4. Menyatukan Ruangan

Terlalu banyak ruangan namun sempit-sempit bisa diakali dengan menghilangkan tembok pemisah antar ruangan untuk menciptakan ruang baru yang lebih luas.  Jika di rumah anda terlalu banyak kamar dan ruangan yang tidak digunakan, maka penggabungan ruangan merupakan suatu jalan keluar yang cukup baik.  Ruang utama keluarga pun ada baiknya diperluas dengan cara ini untuk memberi kesan lega pada rumah anda yang terasa sempit.

5. Merombak Bangunan

Alternatif terakhir yang bisa anda lakukan untuk meluaskan rumah anda yang sempit adalah dengan melakukan perombakan bangunan.  Cara yang satu ini sudah pasti membutuhkan banyak biaya yang akan menguras isi kantong anda.  Anda bisa meningkat rumah anda ke atas dari yang satu tingkat menjadi dua tingkat, atau yang dua tingkat menjadi lebih dari dua tingkat.  Apabila ada lahan yang belum terpakai, maka anda bisa memperluas rumah anda dengan mengubah lahan kosong menjadi ruangan baru.  Sebaiknya gabungkan ruangan yang baru dengan ruangan yang sudah ada dengan menjebol dinding pemisahnya sehingga akan membuat rumah semakin terasa luas.

Semoga tulisan yang sederhana tentang rumah ini dapat memberikan kebaikan bagi kita semua.  Terima kasih atas kedatangan anda di situs web ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Memperluas Rumah yang Terasa Sempit Agar Menjadi Lega"

Posting Komentar