Tips Cara Mencegah/Menghindari Saos Sambal Berbahaya Formalin dan Lainnya

Daripada organ-organ tubuh kita rusak karena bahan kimia yang terkandung di dalam saos sambal dari makanan yang kita makan. Lebih baik mewaspadai dan menghindar dari saos sambal berbahaya. Tidak semua saus sambal yang beredar di pasaran aman dikonsumsi olel manusia akibat dari bahan-bahan kimia berbahaya dan bahan-bahan busuk yang menjadi bahan dasar pembuatan saos sambal.

Ada banyak saos sambal palsu dan sambal berbahan berbahaya yang beredar di pasaran yang dibuat oleh penjahat-penjahat kelas teri tingkat rumah tangga maupun kelas kakap tingkat pabrik besar. Berbagai kecurangan dilakukan demi mendapatkan banyak keuntungan materi tanpa peduli nasib orang-orang yang menjadi konsumennya. Mulai dari menggunakan bahan-bahan busuk, bahan berkualitas rendah, bahan pengawet mayat (formalin), bahan pewarna tekstil, dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk bisa terhidar dan aman dari saos-saos sambal yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab :

1. Membeli Saos Sambal di Tempat Yang Terpercaya

Belilah saus sambal sambal favorit kita di tempat yang kemungkinannya kecil untuk berbuat curang dengan menjual saos sambal yang membahayakan kesehatan pelanggannya. Contohnya seperti minimarket, supermarket dan hipermarket ternama. Buat apa mereka berbuat curang hanya demi sedikit uang namun dapat menyebabkan pencemaran nama baik jika rahasia bejat kecilnya terbongkar.

2. Membawa Saos Sambal Sendiri ke Tempat Kita Jajan

Saat ini sudah banyak saos sambal yang dikemas/dibungkus dalam sachet yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Tidak ada salahnya jika kita tidak yakin bahwa tempat makan atau tempat jajan yang kita tuju menggunakan sambal yang baik, sambal sachetan bisa menjadi jawaban atas kekhawatiran kita.

3. Memilih Cabai Segar Saja Daripada Sambal Saus

Kalau kita kuat makan cabe segar gelondongan seperti cabe rawit, maka lakukan saja demi menjaga kesehatan kita. Saos sambal yang aman pun umumnya masih mengandung bahwan pengawet, bahan pewarna, bahan penguat rasa, dan lain sebagainya walaupun dalam kadar rendah tidak merusak kesehatan. Yang penting cabe yang akan kita akan langsung tersebut masih segar dan telah dicuci bersih sebelum dimakan.

4. Tidak Memakai Saos-Saosan / Sambel-Sambelan (Pemedas Rasa)

Jika kita termasuk orang yang penakut alias paranoid, lebih baik kita tidak makan sambal-sambalan sama sekali agar tidak ada bahan kimia berbahaya apapun yang mampir di dalam organ tubuh kita. Organ tubuh seperti ginjal dan hati kita akan aman dari ancaman saos sambal beracun, namun belum tentu terhindar dari ancaman lainnya yang terkandung di dalam bahan makanan dan minuman lainnya.

5. Memilih Tempat Jajan Yang Terpercaya Aman Bagi Kesehatan

Restoran, rumah makan, cafe, kantin, dan lain sebagainya yang sudah punya nama dan punya standar higienitas yang tinggi biasanya tidak asal pilih dalam memenuhi kebutuhan saos sambalnya. Mereka pun biasanya tidak asal pilih suplayer saos sambal untuk pelengkap masakan mereka karena nama baik menjadi taruhannya. Kan bisa saja ada orang atau lsm iseng memeriksa/menguji kandungan saus sambal mereka.

Selamat menghindari ancaman saos sambal berbahaya dalam kehidupan anda sehari-hari. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mencegah/Menghindari Saos Sambal Berbahaya Formalin dan Lainnya"

Posting Komentar