Tips Cara Mencuci/Membersihkan Sayur dan Buah dari Pestisida Kimia Berbahaya

Pestisida adalah racun untuk hama tanaman yang tidak dapat dibasmi oleh musuh alami hama tersebut. Tanaman yang terkontaminasi pestisida akan menghasilkan bahan makanan bagi manusia. Bahan makanan yang dipanen manusia baik berupa sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya itu akan dimakan manusia baik melalui pengolahan maupun tidak. Pestisida dapat ikut masuk ke dalam tubuh manusia apabila tidak dibersihkan dengan baik.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kadar kontaminasi pestisida yang terdapat pada bahan makanan yang akan kita konsumsi, yaitu sebagai berikut :

1. Siapkan cuka, air bersih dan baking soda serta bahan makanan yang mau dicuci dari kandungan pestisida
2. Buat campuran antara 200 ml air, 200 ml cuka, dan 2 sendok makan baking soda (bukan baking powder)
3. Aduk-aduk campuran ketiga bahan di atas hingga rata
4. Masukkan dan rendam bahan makanan yang mungkin mengandung bahan kimia pestisida
5. Setelah kurang lebih lima menit, angkat bahan makanannya dan cuci sampai bersih di bawah air bersih mengalir

Akan sangat berbahaya sekali jika kita sering makan makanan dan minum minuman yang telah terpapar racun hama tanaman tersebut. Bisa-bisa dalam jangka panjang kita bisa terkena penyakit kanker yang sangat berbahaya, bisa merusak ginjal di dalam tubuh kita, dan berbagai penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu pilihlah bahan makanan yang bebas dari paparan bahan kimia berbahaya seperti bahan pangan organik, bahan makanan yang ditanam sendiri, dan juga bahan pangan yang kita tahu persis bagaimana proses penanamannya hingga panen demi kebaikan kita bersama.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mencuci/Membersihkan Sayur dan Buah dari Pestisida Kimia Berbahaya"

Posting Komentar