Tips Cara Mencuci Sayur-Sayuran Agar Bersih Tetap Sehat Kita Konsumsi

Makanan yang akan kita masukkan ke dalam perut kita haruslah aman untuk dikonsumsi yang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Yang pasti makanan dan minuman yang akan kita konsumsi harus bersih dari segala kotoran, kuman dan bahan kimia berbahaya. Untuk membersihkan bahan makanan yang akan kita olah harus kita cuci terlebih dulu sampai benar-benar bersih.

Berikut Ini Ada Tips Cara Mencuci Bahan Makanan Sayur-Mayur Agar Bersih :

1. Cuci Sayur Dengan Air Bersih

Jangan memakai air yang kotor seperti air sungai yang telah tercemar, air danau, air kubangan, air tanah yang tercemar, air pam yang airnya buruk, dan lain-lain. Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi air bawah tanah anda ke laboratorium untuk mengetahui kelayakan air tanah anda. Jika ternyata tidak layak untuk cuci, sebaiknya gunakan air isi ulang atau air minum dalam kemasan.

2. Cuci Sayur Dengan Air Mengalir

Air yang mengalir akan mebuat sayur menjadi bersih, karena air yang datang ke sayur dalam kondisi bersih akan membawa kotoran, debu, kuman, dan lain sebagainya ke air buangan sehingga yang telah terlepas dan terbawa air tidak akan bisa mencemari sayur-sayuran yang akan kita olah. Mencuci dengan teknik merendam di dalam wadah seperti baskom dan panci kotoran yang tadinya terlepas bisa menempel kembali di sayuran.

3. Mencuci Sayur-Sayuran Jangan Terlalu Lama

Jika terlalu lama dicuci nantinya sayur tersebut bisa menjadi layu sehingga zat kandungan gizi yang ada di dalam sayur akan berkurang. Tidak perlu dicuci berulang-ulang kali, namun hanya sekali saja namun yang bersih.

4. Cuci Sayur-Mayur Sebelum Dipotong / Dibelah

Cucilah sayur-sayuran saat masih utuh walaupun butuh wadah yang besar untuk mencucinya. Jika nekat mencuci sayur setelah dipotong-potong maka resikonya adalah akan banyak kandungan gizi yang hilang terbawa air serta dapat merusak kualitas sayur-sayuran tersebut.

5. Jangan Mencuci Sayur Dengan Sesuatu Yang Belum Pasti

Hindari mencuci sayur dengan sikat, deterjen, sabun colek, abu gosok, dan lain sebagainya karena bisa merusak sayur-sayuran yang akan dikonsumsi. Saat ini ada cairan pembersih piring yang bisa kita gunakan sebagai pencuci sayur-sayuran. Selama tidak ada masalah dan diperbolehkan oleh depkes, maka hal itu boleh-boleh saja kita gunakan.

-----

Demikian sekilas informasi ini saya sampaikan kepada para pengungjung organisasi.org semua. Bila ada yang kurang tepat, mohon agar kiranya teman-teman sekalian membantu membenarkannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mencuci Sayur-Sayuran Agar Bersih Tetap Sehat Kita Konsumsi"

Posting Komentar