Tips Cara Mendinginkan/Menurunkan Suhu Ruangan Tanpa AC (Air Conditioner)

Dewasa ini suhu bumi secara global terus mengalami kenaikan sehingga jika dibandingkan dengan jaman dulu tahun 1900 ke belakang, saat ini terasa labih panas. Salah satu cara orang untuk mengusir rasa panas itu adalah dengan menyalakan air conditioner atau disingkat AC sebagai pendingin ruangan. AC digunakan di mana-mana di daerah yang ada saat-saat suhu panasnya. Masalahnya yaitu jika seseorang tidak punya AC atau sedang rusak, maka apa yang kita lakukan?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendinginkan ruangan tanpa menggunakan AC :

1. Buka Jendela dan Pintu Sebagai Ventilasi Udara

Bila udara yang ada di dalam ruangan tidak berputar, maka udara panas akan tertahan dan udara dingin tidak bisa masuk. Untuk itu perlu dibuka selebar mungkin ventilasi yang ada agar terjadi perputaran udara dingin panas dengan baik.

2. Pasang Kipas Angin dan Penyedot Udara (Exhaust Fan)

Untuk membantu memutar udara yang ada di ruangan bisa memakai kipas angin. Penyedot udara exhaust fan juga sangat baik untuk membantu mengeluarkan sebagian udara panas yang ada di dalam ruangan.

3. Pasang Kulkas Bolong

Salah satu cara yang aneh adalah dengan cara menjalankan lemari es namun pintunya dibuka atau dibolongi agar udara dingin di dalam kulkas bisa keluar membantu mendinginkan ruangan.

4. Masukkan Banyak Es Batu

Jika di dalam ruangan ada banyak batu es maka niscaya ruangan itu akan turun suhu udaranya. Akan tertapi kelemahannya yaitu es akan cepat mencair jika suhu udara kamar cukup tinggi / panas.

5. Naikkan / Turunkan ketinggian

Semakin tinggi kita dari permukaan laut, maka semakin dingin pula temperatur udaranya. Lihat saja suhu di puncak pegunungan jaya wijaya papua sangat dingin dan es pun ada sebagian. Jika ruangan kita berada di lantai 200 pada suatu gedung maka suhunya akan lebih dingin daripada tinggal di daratan rendah.

6. Pindahkan Ruangan Ke Tempat Lain

Daripada repot-repot, solusi yang paling mudah adalah dengan pindah ke tempat lain. Misalnya yang tadinya punya rumah di ancol jakarta pindah ke sentul bogor nanti akan terasa bedanya.

------------

Semoga artikel ini memberi manfaat bagi kita semua. Sekian terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mendinginkan/Menurunkan Suhu Ruangan Tanpa AC (Air Conditioner)"

Posting Komentar