Tips Cara Mengawetkan Tahu Kedelai Agar Tahan Lama Bisa Berhari-Hari

Daripada menggunakan metode teknik pengawetan tahu kedele yang mahal, susah dan ribet, lebih baik menggunakan cara-cara sederhana agar umur tahu bisa panjang tahan lama. Tahu biasa yang tidak diberi bahan pengawet berbahaya seperti formalin hanya bisa bertahan segar selama satu atau dua hari saja dari hari pembuatan tahunya. Oleh sebab itu kita perlu untuk mengetahui tehnik-tehnik sederhana supaya tahu yang kita beli bisa disimpan lama untuk digunakan di kemudian hari.

Beberapa Cara Sederhana Mengawetkan Tahu Kedelai Biasa Indonesia :

1. Pengawetan Tahu Dalam Lemari Es

Tahu direbus sampai matang lalu dimasukkan ke dalam kantung plastik lalu simpan di dalam lemari es / kulkas. Dengan cara ini tahu bisa bertahan kurang lebih 8 hari lamanya.

2. Rebus Lama Dan Simpan Di Air Matang

Tahu direbus selama setengah jam lalu di simpan di dalam air matang. Dengan cara ini dipercaya memperlama daya tahan tahu menjadi 4 hari lamanya.

3. Disimpan Di Dalam Larutan Garam Dapur

Cuci lalu rebus tahu selama 3 menit lalu masukkan ke dalam larutan garam saat masih panas berasap. Campur garam dapur dengan air matang menjadi campuran larutan garam 5%. Cara ini memperpanjang usia tahu jadi 5 hari lamanya.

4. Perendaman Tahu Di Air Mendidih Matang

Setelah dicuci dan ditiriskan, rebus tahu yang masih segar di dalam air yang baru mendidih (jangan sampai mengambang). Setelah 24 jam ganti dengan air mendidih matang baru. Dengan cara yang satu ini kurang lebih bisa tahan 5 hari lamanya.

5. Merendam Dalam Larutan Tertentu Secara Alami

Masukkan dan rendam tahu di dalam wadah plastik yang berisi larutan campuran sari jeruk lemon dan garam, di mana garam dapur 4% dan sari jeruk lemon 10% (berarti airnya 86%). Cara ini mempertahankan kesegaran tahu kurang lebih 10 hari. Atau bisa juga setelah dicuci, ditiriskan, dan direbus selama 3 menit dimasukkan dalam larutan kunyit dan jerik nipis. Larutan dibuat dari kunyit 3% dan jeruk nipis hingga ph jadi 3,5 s/d 4. Namun cara ini hanya bisa mengawetkan tahu kedelai selama 3 hari saja.

Selamat mencoba membuat tahu anda menjadi awet tahan lama tidak cepat basi / busuk. Mohon maaf apabila ada yang salah.

Artikel Terkait :

1 Komentar Pada "Tips Cara Mengawetkan Tahu Kedelai Agar Tahan Lama Bisa Berhari-Hari"