Terbaru :
Home » , , , » Tips Cara Mengembalikan/Memunculkan Kembali File Data Yang Terhapus Hilang

Tips Cara Mengembalikan/Memunculkan Kembali File Data Yang Terhapus Hilang

Oleh godam64 pada 11 Februari 2011 | 09:00

Menghapus alias delete file di komputer windows merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Akan tetapi kebiasaan hapus-menghapus file yang yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja akan menjadi malapetaka tatkala file atau data yang dihapus tadi adalah merupakan data penting yang seharusnya tidak kita hapus dari harddisk, usb flashdisk, memory card dan lain sebagainya.

Langkah pertama yang bisa kita lakukan pertama kali adalah dengan memeriksa folder sampah "trash" apakah file kita masih tersimpan di dalamnya atau tidak. File yang dihapus atau didelete secara otomatis akan pindah ke folder trash untuk beberapa waktu atau sampai kita hapus kembali untuk yang kedua kali tergantung setting yang kita lakukan pada komputer pc atau laptop kita. Jika file yang kita butuhkan masih ada, maka kita bisa pindahkan file tersebut ke folder asal sebelum dihapus.

Apabila file yang kita cari ternyata tidak ada juga, maka kita bisa gunakan suatu program khusus untuk restorasi data yang kita hapus, namun tidak menjamin 100% data kita bisa kembali seperti sediakala. Beberapa software piranti lunak yang berfungsi untuk mengembalikan file data yang hilang seperti :
- Undelete Plus
- Restoration
- PC Inspector File Recovery
- Recuva
Software-software gratis tersebut dapat kita download secara cuma-cuma di internet. Setelah anda unduh (download) maka anda harus menginstalnya di komputer anda dan menjalankan program sesuai prosedur yang berlaku.

- Perhatian :
Cara ini tidak bisa digunakan untuk mengembalikan pekerjaan atau file data yang hilang karena lupa save. Untuk kasus ini sebaiknya anda mulai mempelajari dan menggunakan software yang bisa auto recovery atau auto save saat anda bekerja menggunakannya. Biasakan untuk rajin saving data saat bekerja.
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger