Tips Cara Menghilangkan/Mengobati Rasa Gatal di Selangkangan

Mendapatkan rasa gatal-gatal di daerah selangkangan adalah suatu hal yang cukup mengganggu.  Dari segi letak kegatalannya yang berada di area yang agak sulit dijangkau menyulitkan kita untuk menggaruk kulit selangkangan yang gatal tersebut.  Terlebih lagi apabila berada di tempat umum yang banyak terdapat orang, maka aktivitas menggaruk daerah selangkangan dengan memasukkan tangan ke dalam celana atau rok adalah sesuatu yang dianggap tidak sopan bagi sebagaian orang.

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan rasa gatal di sekitar selangkangan tubuh manusia adalah dengan cara menggaruk-garuk bagian kulit selangkangan yang gatal dengan kuku tangan.  Namun ketika setelah digaruk-garuk ternyata rasa gatal tetap muncul di bagian selangkangan maka itu berarti diperlukan cara khusus untuk menghilangkannya.  Cucilah bagian selangkangan dengan sabun anti kuman dan air bersih secukupnya agar bersih dari segala kuman dan kotoran.  Jika setelah dicuci masih terasa gatal, maka anda bisa mencoba cara-cara yang ada di bawah ini.

Beberapa Cara Menyembuhkan / Mengurangi Rasa Gatal di Daerah Selangkangan :

1. Memberi Lotion Pelindung Kulit Bayi

Daerah selangkangan adalah daerah yang cukup sensitif bagi sebagian orang.  Jika anda memiliki kulit yang sensitif anda bisa mencoba losion pelindung kulit sensitif untuk bayi.  Lotion ini pada umumnya dapat menyejukkan kulit yang memerah karena gatal.  Jadi tidak ada salahnya mencoba memberikan lotion ini pada kulit selangkangan anda yang mungkin sensitif.

2. Memberi Bedak Gatal

Taburkan bedak anti gatal di bagian-bagian yang terasa gatal di sekitar selangkangan anda.  Namun jangan sampai mengenai lubang pembuangan (lubang anus / lubang dubur) agar tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.  Bedak gatal dapat menyerap keringat yang ada pada bagian selangkangan anda sehingga membantu mengurangi rasa gatal saat berkeringat.

3. Memberi Balsem atau Minyak

Jika anda merasa kulit sensitif anda kuat diberikan sesuatu yang pedas-pedas atau panas-panas, maka tidak ada salahnya anda mencoba memberikan balsam atau minyak-minyak yang terasa panas apabila terkena kulit.  Balsem, minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon dan lain sebagainya memang telah dikenal masyarakat indonesia memiliki khasiat mengatasi gata-gatal pada kulit manusia.

4. Pergi ke Dokter

Pilihan terakhir yang bisa ditempuh jika cara-cara di atas tidak ada yang memberikan hasil yang sesuai dengan harapan adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter favorit anda.  Sebaiknya pergi ke dokter umum terlebih dahulu, baru apabila tidak kunjung sembuh juga bisa mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pengobatan yang lebih serius.

Mudah-mudahan penyakit gatal-gatal di selangkangan anda lekas sembuh dan tidak kambuh-kambuh lagi selamanya sampai akhir hayat dikandung badan.  Semoga tulisan yang biasa-biasa saja ini dapat memberikan manfaat positif bagi kita semua, amin.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menghilangkan/Mengobati Rasa Gatal di Selangkangan"

Posting Komentar