Tips Cara Meningkatkan/Menaikkan Harga Jual Tanah yang Murah

Harga tanah biasanya semakin lama semakin naik dari waktu ke waktu.  Untuk tanah di daerah pemukiman padat penduduk, harga tanah bisa naik dengan cepat.  Berbeda dengan tanah yang jauh dari mana-mana, mungkin harganya tidak akan bisa naik terlalu signifikan melampaui nilai inflasi rupiah.  Tanah yang letaknya dekat dengan jalan utama serta tempat-tempat penting lainnya biasanya memiliki harga jual yang tinggi.

Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh pemilih tanah atau pemilik lahan untuk dapat menaikkan harga jual dari tanah yang dimilikinya.  Dengan harga jual tanah yang tinggi, pemilik lahan akan diuntungkan ketika suatu saat nanti membutuhkan uang dalam jumlah besar.  Dengan menjual tanah maka kebutuhan dana yang besar dapat dengan mudah teratasi dalam tempo yang relatif singkat.

Beberapa Cara Meningkatkan Harga Tanah :

1. Membuat Jalan Besar atau Jalan Utama Baru

Buatlah jalan besar baru yang terhubung dengan jalan besar yang sudah ada menuju jalan besar yang sudah ada juga yang memiliki sifat sebagai jalan tembus.  Undanglah para pemilik tanah dari tanah yang terkena rencana pembuatan jalan baru untuk melakukan musyawarah.  Bicarakan secara baik-baik masalah anggaran, proyek pengerjaan, perizinan dan lain sebagainya.  Paparkanlah berbagaai keuntungan dengan adanya jalan baru tersebut.  Apalagi jalan tersebut memotong lahan di tengah sehingga dua sisi lahan di tepi jalan harganya bisa melambung tinggi namun tetap dikuasai oleh orang yang sama.  Jika semua sudah oke maka segera dipatok dan dibuat jalan sederhana.  Serahkan kepemilikan jalan kepada pemerintah daerah agar pemerintah membangun dan merawat jalan yang baru dibangun tersebut.

2. Memberikan Nilai Tambah

Apabila lahan yang kosong ditanami berbagai tanaman yang bernilai jual tinggi maka secara otomatis akan mendongkrak nilai jualnya.  Misalkan saja suatu lahan ditanami berbagai pohon kayu keras seperti pohon jati, pohon sengon, pohon jabon, pohon durian montong, pohon bunga bangkai, dan lain sebagainya, maka lahan tersebut akan menjadi bernilai tinggi dengan turut memperhitungkan harga pepohonan berharga yang tumbuh di lahan tersebut.  Selain pohon bisa juga dengan cara membuat mata air, membuat sumur air bersih, membuat rumah sederhana yang nyaman, membuat taman yang indah, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Tempat Penting

Buatlah sesuatu yang akan menarik banyak orang untuk datang ke daerah di mana tanah kita berada.  Musyawarahkan bersama-sama dengan warga masyarakat tentang apa yang akan dibuat sehingga dapat menarik perhatian wisatawan asing dan wisatawan domestik untuk datang.  Dengan menjadi suatu sentra wisata, sentra produksi, maupun sentra-sentra lainnya yang unik, maka daerah tempat di mana lahan tanah kita berada menjadi daerah yang ramai dengan memiliki potensi berkembang yang tinggi.  Semakin berkembang daerah kita, maka semakin tinggi pula harga tanah kita nantinya di masa yang akan datang.

Semoga beberapa trik cara mendongkrak harga jual tanah ini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua.  Terima kasih atas kunjungan anda semua di website yang sederhana ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Meningkatkan/Menaikkan Harga Jual Tanah yang Murah"

Posting Komentar