Tips Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh / Ketahanan Manusia Terhadap Serangan Penyakit

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu adalah kata-kata mutiara yang pasti disetujui oleh orang-orang normal yang senang dan menikmati kesehatan tubuhnya. Sehat adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak ternilai harganya.

Salah satu yang bisa menangkal serangan penyakit pada tubuh kita adalah sistem kekebalan tubuh yang secara alami kita miliki. Dengan meningkatkan ketahanan tubuh dan mempertahankannya maka badan kita pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang. Apabila kondisi kekebalan tubuh sedang menurun, maka penyakit pun akan mudah menyerang tanpa banyak perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita.

Berikut ini merupakan beberapa tips cara untuk mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh / ketahanan tubuh kita dipersembahkan oleh web situs organisasi.org ini :

1. Istirahat Cukup
Tidur yang nyenyak secara wajar secukupnya agar tubuh kembali segar dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur terlalu banyak / lama pun juga tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang lelah harus diistirahatkan agar lelah dan capek yang menurunkan ketahanan tubuh bisa dihilangkan.

2. Hindari Kebiasaan Buruk
Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba, begadang, makan makanan tidak bergizi, bekerja terlalu diporsir, main game seharian, stres, dan lain sebagainya mungkin bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

3. Makan Makanan Yang Bergizi Dan Cukup
Sistem kekebalan akan membutuhkan asupan energi dari makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Dengan makan dan minum yang cukup jumlah dan gizinya mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Rajin makan atau minum sesuatu yang mengandung anti oksidan untuk melawan radikal bebas juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

4. Rajin Membersihkan Diri
Kotoran yang melekat dan menempel pada tubuh kita biasanya mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Dengan secara rutin merawat kebersihan diri sendiri dapat menghindarkan kita dari banyak serangan penyakit. Mandi sabunan, gosok gigi, sampoan, cuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh kegiatan bersih-bersih tubuh.

5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan Yang Salah
Obat seperti antibiotik sangat berbahaya jika dikonsumsi / digunakan dengan cara yang salah. Anti biotik sebaiknya dipakai dengan didasari atas resep dokter dan bukan atas inisiatif sendiri. Dosis yang salah serta penghentian konsumsi obat antibiotik sebelum penyakit mati dapat menyebabkan resistensi atau kekebalan penyakit pada obat, sehingga dibutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh / Ketahanan Manusia Terhadap Serangan Penyakit"

Posting Komentar