Tips Cara Menjaga/Merawat Pisau Dapur Agar Selalu Awet Tahan Lama

Benda tajam seperti pisau dapur, pisau daging, golok, kampak / kapak, clurit, dan lain sebagainya membutuhkan perawatan yang baik agar awet tahan lama bisa dipakai terus-menerus. Berbagai permasalahan benda tajam yang biasa dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari kelalaian kita dalam merawat dan menjaganya. Supaya awet, pilihlah benda tajam yang berkualitas baik dari pertama membeli karena kualitas turut menentukan umurnya.

Berbagai Masalah Benda Tajam Seperti Piso Dapur dan Solusi :

1. Karat

Karat sangat berbahaya apabila sampai masuk ke dalam perut manusia. Oleh sebab itu pilih pisau dapur atau benda tajam yang anti karat dengan bahan stainless steel atau lainnya yang tahan karat. Jika pisau kesayangan kita berkarat kita bisa menggunakan abu gosok, pembersih metal seperti braso, cairan pelumas penghilang karat, dan lain sebagainya. Cuci bersih setelah dibersihkan karatnya agar bersih kembali dari segala bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

2. Tumpul

Agar tidak tumpul, dalam menyimpan pisau kita harus yakin pisau sudah kering sebelum disimpan. Jika sudah terlanjur menumpul, kita bisa asah pisau tersebut di batu asahan, cobek, ulekan atau dibawa ke tukang pisau yang punya alat pengasah pisau.

3. Noda Menempel

Jika ada kotoran-kotoran menempel di pisau dapur yang sulit dihilangkan karena lengket atau mengerak kita bisa menggunakan cairan pembersih piring, minyak tanah, minyak sayur, dan lain-lain sambil digosok-gosok dengan spon yang kasar. Jika tidak hilang juga kita asah saja di batu cobek yang berasal dari batu kali asli.

4. Bau Tak Sedap

Jika pisau dapur menimbulkan bau tidak enak seperti bau anyir, bau busuk, bau asam, dan lain-lain kita bisa memakai sabun pencuci piring atau bisa juga dengan odol alias pasti gigi sambil digosok-gosok. Mudah-mudahan baunya bisa hilang keseluruhan.

5. Gagang Rusak

Jika gagang pisaunya rusak kita coba perbaiki baik dengan lem kayu, lem power glue atau dipaku agar menempel erat kembali. Jika tetap sulit diperbaiki, bawa saja ke tukang spesialis pisau dapur atau senjata tajam untuk dibuatkan pengganti gagang pisau dapur kesayangan kita.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Kurang lebih mohon maaf, terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menjaga/Merawat Pisau Dapur Agar Selalu Awet Tahan Lama"

Posting Komentar