Tips Cara Menyebarkan Ilmu Kepada Orang Banyak Lewat Internet Online

Untuk menjadi orang yang berguna bagi sesama salah satunya adalah dengan cara berbagi ilmu kepada orang-orang yang membutuhkan. Ilmu tidak akan bermanfaat apabila tidak kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang membawa kebaikan maupun tidak kita bagi-bagikan kepada orang lain sehingga ilmu tersebut mengendap di dalam diri kita sendiri saja atau bahkan bisa hilang begitu saja karena lupa. Apabila kita kesulitan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang kita miliki, kita bisa mengajarkannya atau menyebarkannya kepada orang lain yang membutuhkannya.

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita mau membagi-bagikan ilmu kita kepada banyak orang yang membutuhkan, yaitu seperti mendapatkan banyak ucapan terima kasih, ilmu tersebut akan selalu kita ingat karena sering kita sampaikan ke orang lain, mendapatkan pahala yang terus-menerus mengalir selama ilmu tersebut dipakai dengan baik oleh orang yang belajar dari kita, turut berpartisipasi mensukseskan cita-cita negara mencerdaskan kehidupan bangsa, dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menebar membagi-bagikan ilmu secara online di internet :

1. Menulis Artikel Untuk Blog atau Situs Web

Jika kita punya blog atau website pribadi kita bisa memposting tulisan yang telah kita buat sebelumnya agar bisa diakses di internet oleh banyak orang di seluruh dunia. Jika tidak punya maka kita bisa membuat blog gratis dengan mudah di internet lalu memasukkan tulisan-tulisan kita ke dalamnya. Jika kita punya channel ke website terkenal yang memiliki banyak pengunjung, kita bisa mengirim tulisan kita untuk dimuat. Sebaiknya buka fitur komentar agar pengunjung bisa memberikan pertanyaan, tambahan, koreksi, sanggahan, opini, pandangan, dan lain sebagainya.

2. Aktif Memberi Konsultasi di Forum, Mailing List atau Chatroom

Ada banyak orang yang berkumpul di komunitas online seperti forum, milis, chating, dan lain sebagainya. Tak ada salahnya kita ikut berbagi ilmu yang kita miliki di dalamnya. Pastikan komunitas online tersebut terbuka untuk umum sehingga ilmu kita bisa diakses siapa saja yang membutuhkannya. Kita bisa membuat suatu topik bahasan baru (jika diijinkan), lalu kemudian menjawab tanggapan dan pertanyaan yang datang. Bisa juga kita hanya nimbrung topik bahasan yang sudah dibuat oleh anggota komunitas yang lain lalu membagi ilmu kita atau menjawab pertanyaan anggota lain yang belum menemukan jawaban yang mencerahkan.

3. Membuat Buku Ebook yang Bisa Didownload Netters Gratis

Apabila kita senang membuat tulisan panjang dengan tema tertentu, sah-sah saja kalau kita membuat sebuah tulisan layaknya sebuah buku. Jika buku tersebut sudah selesai dibuat, maka kita bisa mempublikasikannya secara online di internet dalam bentuk bentuk buku virtual atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-book. Format buku virtual online bisa bermacam-macam, namun banyak orang yang lebih menyukai e-buku dengan format pdf. Tidak menutup kemungkinan apabila buku maya tersebut disukai banyak orang akan mendapat tawaran untuk dicetak menjadi buku sungguhan oleh perusahaan penerbitan buku sehingga bisa mendapatkan uang tambahan dari e-book yang dicetak dalam bentuk buku fisik.

4. Membuat Video Tutorial yang Disebarkan di Website Sharing Video

Jika kita adalah seorang yang percaya diri tampil di layar monitor dan televisi kita bisa merekam diri kita sendiri dalam bentuk video. Saat merekam video kita bisa menjelaskan sebaik mungkin ilmu yang kita miliki layaknya sedang menjelaskan sesuatu atau mengajarkan sesuatu kepada orang lain. Video yang sudah jadi dan sudah diedit sesuai keinginan kita bisa kita unggah atau upload ke situs web layanan sharing video gratis agar mudah dilihat orang. Setelah itu kita bisa mempromosikan video kita di blog atau website yang banyak dikunjungi para netter. Akan jauh lebih baik jika kita mengombinasikan hasil karya tulisan kita dengan foto, gambar, audio maupun video kita dalam satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain.

Mari kita jadikan diri kita berguna bagi banyak orang dengan berbagi ilmu yang kita miliki. Namun sudah tentu harus ilmu yang baik-baik agar tidak timbul masalah di kemudian hari. Jangan takut untuk belajar dan mencoba, karena itu adalah hal yang wajar bagi semua orang. Selamat mencoba dan semoga sukses berbagi ilmu anda kepada banyak orang yang membutuhkannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menyebarkan Ilmu Kepada Orang Banyak Lewat Internet Online"

Posting Komentar