Terbaru :
Home » , , , , » Tips Cara Service/Servis/Memperbaiki Sepeda Motor di Bengkel Resmi

Tips Cara Service/Servis/Memperbaiki Sepeda Motor di Bengkel Resmi

Oleh godam64 pada 21 Februari 2012 | 10:50

Semua sepeda motor yang ada di dunia ini membutuhkan perawatan secara berkala agar bisa terus digunakan dengan baik. Berbagai perusahaan sepeda motor pun membuka bengkel-bengkel resmi di berbagai penjuru tanah air sebagai bentuk layanan pasca penjualan kepada para konsumennya. Berbagai merek terkenal seperti honda, yamaha, suzuki, bajaj, kawasaki, dan lain sebagainya mempunyai layanan service perbaikan dan perawatan serta penjualan suku cadang asli. Sebagai pengguna motor yang baik sudah selayaknya kita merawat sepeda motor kita baik di bengkel remi maupun di bengkel umum.

Jika kita memilih melakukan servis sepeda motor kita di bengkel resmi, sudah pasti tata caranya berbeda dengan tata cara menservis sepeda motor di bangkel biasa yang menerima motor apa saja. Di bengkel umum kita tinggal datang dan memberitahukan salah satu penjaga atau mekanik apa yang kita inginkan, menunggu giliran, lalu sepeda motor diservis dan yang terakhir adalah bayar. Di bengkel resmi ada tahapan-tahapan yang harus dilalui yang antara satu bengkel resmi berbeda satu sama lain.

Cara Melakukan Service/Perbaikan Sepeda Motor di Bengkel Resmi :

1. Tahap Persiapan Awal Sebelum ke Bengkel

Siapkan surat-surat / dokumen sepeda motor yang kita miliki, misalnya KTP, STNK sepeda motor, kartu garansi dan buku perawatan sepeda motor (jika masih baru dan mendapatkan service awal gratis). Jangan lupa sebaiknya bawa kunci serep sepeda motor untuk diberikan ke bengkel agar kunci utama yang kita biasa pakai tidak kotor dan tidak perlu dibongkar-bongkar dari gantungan kunci yang menyatu dengan kunci penting lainnya. Pastikan bengkel masih buka dan masih menerima pendaftaran service dengan menelpon ke bengkel resmi. Jangan sampai salah bengkel dengan memilih bengkel yang merek dagangnya berbeda dengan merek sepeda motor kita. Bawalah uang secukupnya untuk service agar tidak pulang atau mencari-cari mesin atm ketika uangnya kurang untuk membayar jasa bengkel resmi.

2. Tahap Pendaftaran di Loket Pendaftaran

Setelah kita tiba di dalam bengkel resmi, cari saja loket pendaftaran service sepeda motor. Kemudian temui petugas dan kemukakan keinginan untuk menyervis sepeda motor. Biasanya nanti akan dimintai dokumen seperti STNK asli, kunci sepeda motor dan jika masih baru dan ingin meminta layanan service gratis akan diminta buku perawatan yang didapat berbarengan pada saat dulu menerima sepeda motor. Mungkin ada formulir isian, pertanyaan lisan dan atau tanda tangan yang harus kita lengkapi sebelum permohonan kita diterima. Jangan lupa untuk memberitahu petugas jaga loket pendaftaran jika pada sepeda motor kita ada keluhan, masalah atau gangguan teknis. Setelah semua selesai biasanya akan diberikan nomor antrian layanan service sepeda motor. Kita boleh menunggu sampai seluruh proses selesai, namun bisa juga pulang dulu dan kembali lagi setelah sepeda motor kita selesai diperbaiki.

3. Tahap Perbaikan atau Perawatan Oleh Mekanik

Setelah sepeda motor kita mendapat giliran diservis oleh mekanik bengkel resmi, maka kita boleh menemani mekanik untuk memastikan mekanik telah melakukan tugasnya dengan baik dan benar, untuk belajar cara menservice sepeda motor kita sendiri, dan juga untuk menyampaikan berbagai masalah dan keluhan mengenai sepeda motor yang biasa kita gunakan tersebut. Sepeda motor kita nanti akan dicoba oleh mekanik setelah diservice. Tanyakanlah apakah kondisinya baik atau tidak agar kita bisa tahu masalah-masalah yang masih ada pada sepeda motor kita. Gunakan kesempatan yang berharga itu untuk menggali informasi dari mekanik dan juga untuk memastikan kedaraan kita bebas dari masalah teknis.

4. Tahap Pasca Perbaikan

Setelah sepeda motor kita selesai diperbaiki atau diservis, maka kita tinggal memberikan nomor antrian kepada petugas kasir atau petugas pendaftaran dan mengatakan bahwa motor kita sudah selesai diservis. Nanti petugas akan menghitung biaya perbaikan atau service sepeda motor kita dan menagih uang servicenya. Kemudian kita bayar sampai lunas, kemudian petugas akan memberikan berbagai dokumen dan kunci yang tadi disita sementara serta memberikan bon atau struk pembayaran kita. Setelah semua selesai maka kita bisa pulang atau kembali melanjutkan aktivitas kita dengan mengendarai sepeda motor yang telah diservis di bengkel resmi. Sampai di rumah, simpan dokumen-dokumen dan kunci serep di tempat yang aman dan mudah diingat untuk service selanjutnya.

Demikian tips cara menyervice sepeda motor kita di bengkel resmi, kurang lebih mohon maaf jika organisasi.org ada kekurangan atau pun kesalahan. Terima kasih atas kunjungan anda.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger