Terbaru :
Home » , , , , » Tips Cara Setting Rumah Membuat Anak Tambah Pintar/Pandai/Cerdas Aktif Belajar

Tips Cara Setting Rumah Membuat Anak Tambah Pintar/Pandai/Cerdas Aktif Belajar

Oleh godam64 pada 23 April 2009 | 04:28

Agar anak kita bisa semangat belajar dan apa yang dipelajari bisa maksimal terserap otak maka diperlukan upaya setingan tertentu pada lingkungan rumah. Untuk modifikasi tidak selamanya harus mengeluarkan biaya yang mahal, namun disesuaikan dengan anggaran yang ada. Peran serta orangtua dalam membimbing anak belajar serta dalam menyiapkan materi belajar tetap yang utama karena lingkungan belajar hanya penunjang saja.

Setingan Lingkungan Belajar Anak Yang Baik :

1. Cahaya

Berikan cahaya yang cukup di sekitar tempat anak beraktivitas agar mata si kecil tidak mudah lelah dan juga supaya menghindari mata yang rusak pada anak. Hindari menggunakan lilin, lampu tempel, obor, dsb ketika membaca karena cahayanya kurang. Lampu pijar yang terang lebih bagus dari lampu neon karena lampu neon bisa membuat mata anak lelah akibat lompatan elektron.

2. Udara

Berikan udara yang segar dengan suhu temperatur yang tepat untuk menunjang belajar serta aktivitas anak di rumah baik di kamar, ruang belajar, ruang keluarga, dan lain sebagainya. Jika udara sejuk buka jendela lebar-lebar namun jika suhu udara sedang panas sebaiknya gunakan ac yang ramah lingkungan dengan suhu efektif 23 sampai dengan 25 derajat celcius.

3. Aroma / Bau-Bauan

Memberikan latar belakang aroma yang menyegarkan dapat membangkitkan gairah semangat belajar anak seperti aroma lemon. Jangan asal pilih karena aroma tertentu malah bisa membuatnya rileks dan akhirnya ngantuk dan tertidur pulas seperti aroma lavender.

4. Musik

Menurut penelitian musik klasik era barok seperti lagu-lagu gubahan mozart, bach, vivaldi, beethoven dan kawan-kawan bisa memberikan stimulus otak anak yang baik bagi anak kita daripada musik dangdut, lagu anak-anak, pop rock, dan lain-lain. Tetapi jangan paksakan anak mendengarnya karena jika berlebih atau tidak tepat maka anak bisa merasa pusing dan stres.

5. Suasana Latar Belakang

Latar yang hijau dengan terlihat banyak tanaman hijau nan segar serta perpaduan lukisan, poster serta gambar lain dengan warna yang cerah dapat membantu meningkatkan semangat belajar anak serta eksplorasi anak lebih aktif. Tanaman tumbuh-tumbuhan dapat membantu menyaring karbon dioksida dan menjamin ketersediaan oksigen di lingkungan tempat tinggal yang mendukung kegiatan belajar mengajar anak dan orang tua di rumah.

Sekian terima kasih semoga bermanfaat bagi kita semua.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger