Tips Cara Tidur Bayi Aman Menghindari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)

Sudden infant death Syndrome atau yang disingkat SIDS adalah kematian mendadak pada bayi ketika sedang tidur. Untuk itu diperlukan kewaspadaan yang cukup baik ketika si kecil bobo / tidur agar tidak mengalami suatu kejadian yang dapat menimbulkan SIDS yang fatal. Ada beberapa trik / tips untuk mencegah SIDS pada bayi :

1. Hindari meletakkan benda-benda seperti botol susu, mainan, guling, dan sebagainya karena dikhawatirkan dapat mengganggu saluran napas dan peradaran darah ketika bergerak bebas saat tidur. Jaga kebersihan benda-benda yang sering dipakai atau bersentuhan dengan sang buah hati.

2. Jangan tidur bertiga di ranjang yang sama tanpa pelindung yang memadai dari tertimpa, tertendang, terpukul dan lain sebagainya. Sebaiknya pisahkan bayi dari orang tua di ranjang sendiri khusus bayi namun masih satu kamar dengan orangtua. Jika orangtua tidurnya aktif bergerak ke mana-mana sebaiknya pisahkan bayi di ranjangnya sendiri.

3. Jangan merokok dekat bayi karena dapat meningkatkan resiko SIDS (Sudden infant death sindrome) pada anak bayi. Sebaiknya berhenti merokok saat hamil dan menyusui baik sang ayah maupun sang ibu (orang tua bayi). Jika orang tua habis mabuk atau sangat lelah jangan tidur di samping bayi. Orang tua harus sigap dan tanggap jika si kecil menangis terbangun dari tidurnya untuk menenangkan si kecil.

4. Tidurkan sang buah hati pada posisi terlentang agar mudah bernapas bebas. Hindari posisi tengkurap dan miring yang mengganggu pernapasannya sehingga meningkatkan terjadinya SIDS. Tidurkan dengan posisi kaki di bawah tempat tidur jika menggunakan selimut bayi agar mudah membebaskan diri dari selimut.

5. Ada baiknya si kecil tidur memakai box bayi yang terpisah dari ranjang orang tua dengan matras yang memiliki permukaan rata tidak terlalu empuk agar dapat tidur dengan stabil. Jangan ditidurkan di sofa, meja, kursi, dsb lalu ditinggal atau ikut tidur.

6. Jaga kondisi lingkungan kamar yang sesuai dengan kenyamanan bayi. Bersihkan ruangan, ranjang bayi dan perlengkapan bayi secara rutin untuk menjaga higienitas dan menghindari gangguan binatang/serangga penganggu. Jaga suhu ruangan yang nyaman bagi bayi yaitu sekitar 21 derajat celcius dengan oksigen yang cukup. Berikan tudung/cover pelindung bila perlu ketika banyak nyamuk.

Semoga si kecil dapat tidur nyenyak bebas SIDS.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Tidur Bayi Aman Menghindari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)"

Posting Komentar