Terbaru :
Home » , , » Tips/Trik Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Cepat, Mudah, Aman & Lunas

Tips/Trik Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Cepat, Mudah, Aman & Lunas

Oleh godam64 pada 18 Januari 2010 | 19:14

Punya hutang memang sangat tidak menyenangkan, apalagi utang yang ada karena kesalahan orang lain misalnya karena istri atau suami punya hobi membuang-buang uang via kartu kridit tanpa hobi membayar tagihan yang terus menggunung. Manusia memang unik, karena ada orang-orang yang tidak peduli hutang di masa depan, yang penting saat ini dia senang. Baru nanti setelah diteror penagih hutang yang menyeramkan, sadar dan mulai berubah.

Untuk bisa bebas hutang dan melunasi semua tagihan kartu kredit sebaiknya mempelajari, memahami dan melakukan beberapa hal mudah berikut ini :

1. Stop Hutang dan Buang-Buang Uang

Setelah hutang menggunung dan anda sadar bahwa anda harus membayar, maka yang pertama dilakukan adalah memblokir kartu kredit di bank dan memusnahkan semua kartu kredit dan kartu atau sarana meminjam uang/kredit lainnya. Musnahkan dengan cara menggunting, membakar atau melumatkan kartu tersebut hingga hancur lebur.

Perlu juga mengubah pola gaya hidup anda dari yang konsumtif menjadi irit dan pelit karena keadaan. Segera berkaca dan pelajari cara orang yang berpenghasilan rendah (standar umr/ump) bertahan hidup. Segera tiru dan jelaskan serta ajarkan perubahan gaya hidup kepada anggota keluarga yang lain demi penyelamatan ekonomi keluarga yang sedang terpuruk hancur berkeping-keping.

2. Lunasi Segera Hutang Anda

Gadai atau jual segera barang-barang yang anda miliki baik yang berharga maupun yang tidak berharga. Barang-barang hasil pembelian dari kartu kredit jual saja semua. Jika kurang jual juga barang lain yang bisa dijual atau digadaikan. Lakukan secepatnya agar hutang bank tidak terus bertambah akibat sistem riba bunga berbunga yang mencekik urat leher. Jika masih kurang juga, jual saja rumah, mobil, tanah, dan lain-lain.

Jika uang sudah terkumpul segera datangi bank dan lunasi semua hutangnya. Untuk mendapat harga yang lumayan dan cepat terjual anda bisa coba forum jual beli di situs web kaskus, jual ke teman/saudara atau digadai di pegadaian dekat rumah anda.

3. Mencari Cara Alternatif Pelunasan Yang Alot

Kalau hasil penjualan barang-barang tidak mencukupi untuk bayar semua hutang, maka anda harus cari sisanya dengan cara meminjam kepada orang lain seperti orangtua, saudara, teman, tetangga, kantor, kredit lunak, kredit tanpa agunan, dan lain sebagainya. Di samping itu cari juga bisnis sampingan atau pekerjaan serabutan yang menghasilkan uang yang banyak namun halal toyiban. Setelah uang di dapat segera lunaskan utang yang tersisa.

Jika tetap tidak bisa, maka kunjungi bank penerbit kartu kredit untuk memohon keringanan pencicilan tagihan kartu kredit dengan modal niat/tabiat yang baik untuk melunasi hutang anda. Dengan kesungguhan anda mungkin anda bisa mendapat kemudahan pembayaran cicilan sisa. Sebagian besar uang yang anda dapat dari bekerja, berbisnis, minjam, dan lain-lain segera pakai untuk membayar cicilan hutang anda karena lebih cepat lebih baik. Jika terlalu lama uang anda pegang, bisa-bisa uang dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu.

4. Kembali Ke Jalan Yang Benar

Dari pengalaman pahit anda memiliki hutang dan mungkin pernah dikejar atau diintimidasi pihak penagih hutang (debt collector), anda bisa mulai berubah ke arah yang lebih bijaksana. Segera tinggalkan kartu kredit dan beralih ke kartu debit serta sistem pembayaran kontan alias cash.

Hiduplah sederhana jangan berlebih-lebihan karena itu tidak baik. Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan keluarga, serta jangan pernah melupakan investasi dan tabungan untuk masa depan serta untuk keperluan jaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang di luar kemampuan kita.

Sekian tips dan trik membayar hutang secara kilat dan mudah, semoga berguna bagi kita semua. Terima kasih.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger