Terbaru :
Home » , , , , » Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan/Harus Dihindari Saat Bekerja Di Kantor Kita

Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan/Harus Dihindari Saat Bekerja Di Kantor Kita

Oleh godam64 pada 25 Mei 2011 | 21:32

Bekerja merupakan kewajiban seseorang untuk mencukupi kebutuhan hidup dirinya sendiri sehari-hari maupun untuk menafkahi keluarganya mulai dari orangtua, isteri, suami, anak, cucu, saudara, dan lain sebagainya. Selain bekerja di kantoran, seseorang juga bisa mendapatkan rejeki dari berdagang, menjual jasa, dan lain-lain. Bekerjalah sebaik mungkin di kantor agar pekerjaan cepat selesai, hasilnya bagus, dipercaya orang sekantor, dan mendapatkan bonus jika ada melewati target yang telah ditentukan.

Untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, seseorang harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan tidak melakukan apa yang tidak boleh dikerjakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan saat bekerja di kantor :

1. Melanggar Peraturan di Kantor

Jangan seenaknya sendiri dalam menjalankan pekerjaan di kantor karena yang pasti perusahaan tempat bekerja memiliki peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Gagal mengikuti aturan, maka resikonya bisa mendapat hukuman disiplin hingga pemecatan secara tidak hormat.

2. Suka Berbohong

Sekali berbohong maka butuh kebohongan berikutnya untuk menutup-nutupi kebohongan yang telah ada. Kalau orang kantor tahu, apalagi bos yang tahu kita tukang bohong, maka akibatnya bisa fatal karena kita akan dicap sebagai pendusta yang tidak layak dipercaya untuk pekerjaan-pekerjaan penting. Untuk naik pangkat atau jabatan pun akan sangat sulit sekali. Jadilah orang yang jujur. Lebih baik diam daripada bohong.

3. Membuat Keributan di Kantor

Pemilik perusahaan dan jajaran pejabat di kantor tempat kita bekerja tidak menyukai orang-orang yang membuat tempat bekerja menjadi tidak kondusif. Jika kita suka membuat rusuh dan kita tidak memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan, maka kita bisa dipecat dan dimusuhi orang-orang di kantor.

4. Suka Menggosip Ngomongin Orang

Bergosip sangat berbahaya apabila topik pembicaraannya adalah membicarakan kejelekan orang lain. Suatu waktu pasti kita akan membahas keburukan orang-orang di kantor. Jika orang yang diomongin tahu maka bisa menimbulkan kebencian sehingga membuat hubungan antar rekan sekerja menjadi tidak harmonis.

5. Sibuk Dengan Urusan Pribadi

Bekerjalah dulu hingga selesai, baru setelah itu jika masih banyak waktu tersisa boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi selama masih dalam batas kewajaran yang diperbolehkan oleh peraturan dan budaya di kantor. Jangan gunakan fasilitas kantor untuk mendukung kepentingan diri sendiri, karena akan merugikan kantor.

6. Tidak Konsentrasi Bekerja

Jangan banyak melamun memikirkan hal-hal yang tidak penting saat sedang mengerjakan pekerjaan yang butuh konsentrasi yang baik. Salah-salah nanti hasil pekerjaan kita bisa jelek atau salah tidak sesuai dengan harapan. Jika memiliki suatu masalah yang menyita pikiran kita ambilah cuti beberapa hari untuk membereskan masalah samapai ke akar permasalahannya.

7. Suka Berhutang Kepada Orang Kantor

Hindari melakukan hutang-piutang dengan teman-teman kerja di kantor jika tidak sangat mendesak karena jika yang meminjamkan orangnya tidak sabaran dan yang meminjam tidak menepati janji membayar sesuai tenggang waktu, maka akan hanya menimbulkan masalah baru saja di kantor.

8. Membuat Kelompok Pertemanan

Hindari membuat genk-genk di kantor dan berbaurlah dengan semua orang yang ada di kantor. Jangan hanya bergaul dengan yang itu-itu saja. Jika kita dekat dengan kelompok tertentu maka resikonya bisa menjadi bahan pembicaraan orang kantor dan dapat terkena getahnya jika kelompok tersebut suatu ketika bermasalah.

9. Jadi Playboy atau Playgirl

Kantor bukanlah tempat yang pas untuk menebar pesona. Janganlah menjadi penggoda dengan merayu, berpacaran maupun selingkuh dengan teman-teman di kantor karena semua itu hanya akan menciptakan masalah pelik di kemudian hari. Jika memang jatuh cinta dengan orang kantor, kejarlah dan setia kepadanya sampai ditolak atau putus. Jika orang yang kita suka sudah punya pasangan atau kita sudah punya pasangan hidup, maka setialah kepada pasangan masing-masing, jangan selingkuh.

10. Membiarkan Sikap Buruk

Setiap orang termasuk kita pasti punya sifat-sifat jelek di tempat kerja seperti malas, tidak banyak bergaul, suka bohong, emosi tinggi, boros, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin hilangkan sifat-sifat yang kurang baik yang ada pada diri kita dan tonjolkan sifat-sifat baik dari diri kita agar atasan senang, bawahan senang, klien senang, semua senang. Jadilah orang yang dibutuhkan keberadaan kita dan dirindukan jika kita tidak ada di kantor.

11. Menjadikan Atasan dan Bawahan Sebagai Musuh

Jadikan bos maupun anak buah kita sebagai sahabat yang saling membutuhkan satu sama lain untuk mencapai tujuan perusahaan. Jika dari awal kita memelihara rasa benci dan dengki kepada atasan maupun bawahan, maka kita tidak akan bisa bekerja dengan nyaman dan suasana kekeluargaan. Anggap semua orang kantor sebagai keluarga besar yang penuh keakraban. Namun atasan-atasan kita tetap harus kita beri penghormatan lebih daripada yang satu level dengan kita maupun bawahan kita.

12. Memperlihatkan Ketidaksenangan

Jika kita tidak suka dengan perusahaan tempat kita bekerja, maka buatlah surat pengunduran diri dan bekerjalah di tempat lain yang sesuai dengan keinginan kita. Jangan memaksa kantor tempat kita bekerja mengikuti kemauan kita, apalagi sampai mempengaruhi teman-teman kita untuk ikut unjuk rasa. Boleh saja asalkan perusahaan menzalimi karyawan/pegawai karena melanggar peraturan pemerintah.

----

Jika anda punya tambahan maka anda bisa berpartisipasi aktif dengan mengirimkan tips anda pada fitur komentar di bawah ini. Terima kasih.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger