Alasan Penyebab Kenapa V-Belt Skutermatik Bebek/Skubek Putus dan Cepat Rusak

Sepeda Motor skutermetik bebek (skubek) sangat disukai oleh masyarakat indonesia karena penggunaannya yang mudah tidak perlu menggonta-ganti gigi serta memiliki injakan kaki yang luas sehingga bisa digunakan untuk menampung barang maupun penumpang anak-anak. Di luar kemudahannya ternyata ada satu kelemahan vital pada sepeda motor bebek matic yaitu pada vBelt yang cepat rusak yang dapat terjadi secara mendadak/tiba-tiba sehingga membahayakan pengendara skutermatic saat berada di jalan raya.

Berikut ini adalah beberapa yang biasanya menjadi penyebab V-Belt Sepeda Motor Skutermatic Bebek (Skubek) putus / cepat rusak :

1. V-Belt Sudah Mencapai Batas Masa Pensiun (Purna Bhakti)

Umur V-belt Sepeda motor bebek skuter rata-rata adalah 10.000 km sampai dengan 20.000 km. Sebaiknya V-Belt diganti setiap 10.000 km agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di jalan raya.

2. Tidak Menggunakan Ban Yang Sesuai Standar Yang Disarankan

Memakai ban yang terlalu kecil dan terlalu besar, atau terlalu tipis atau terlalu tebal dapat mempengaruhi V-Belt sehingga akan menjadi cepat aus yang akan mengurani umur/usia Vbelt motor skubek anda.

3. Perjalanan Yang Terlalu Panjang dan Lama Tanpa Istirahat

Motor skuter bebek matic yang terlalu diporsir penggunaannya tanpa istirahat yang cukup dapat menyebabkan V-Belt cepat aus. Misalnya rute panjang puluhan kilometer saat touring atau mudik.

4. V-Belt Kualitas Buruk

Memasang V-Belt yang kondisinya kurang bagus maupun yang aspal (asli tapi palsu) juga bisa membuat V-Belt cepat putus atau rusak. Untuk itu sebaiknya disarankan anda selalu memakai spareparts (suku cadang) yang orisinil alias asli keluaran pabrik/produsen sepeda motor bebek metic anda.

5. V-Belt Dalam Kondisi Yang Kurang Baik

Ada beberapa tanda V-belt akan segera putus yaitu seperti ada yang retak-retak di bagian dalam dalam atau bagian dalam yang bergerigi dari V-belt. Ada bagian V-belt yang tertekuk juga jadi ciri-ciri mau rusak. Selain itu di sisi samping v-belt jika sudut terlihat tipis atau tajam dibandingkan v-belt baru, itu tanda vbelt sudah aus karena gesekan dengan puly sehingga bisa menimbulkan suara berisik pada sekitar CVT skubek matic dan tarikan terasa menjadi kurang.

-----

Kesimpulannya adalah apabila anda adalah pengguna sepeda motor bebek Skutik maka anda harus rajin-rajin mengecek/memeriksa V-Belt pada motor anda untuk memastikan kondisi V-Belt yang masih prima. Apabila terlihat ada tanda-tanda V-belt skutermatik anda harus diganti atau sudah mencapai batas waktu penggantian, maka segera diganti dengan yang baru dan asli. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan harap maklum dan apabila ada tambahan harap ditambahkan, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Kenapa V-Belt Skutermatik Bebek/Skubek Putus dan Cepat Rusak"

Posting Komentar