Hal/Perbuatan Boros (Kegiatan Pemborosan) Yang Sering Kita Lakukan Sehari-Hari

Sadarkah anda bahwa pada umumnya manusia hidup dalam keborosan di berbagai bidang kehidupan dan mungkin kita adalah salah satu pelakunya. Sebenarnya kita sangat bisa hidup dalam kesederhanaan tanpa harus bergaya kemewah-mewahan dan suka membuang-buang sesuatu yang berharga dan terbatas jumlahnya dalam keseharian hidup kita. Ingatkah dengan kata-kata hemat pangkal kaya dan kebalikannya boros pangkal miskin? Memang tidak selalu orang yang boros akan menjadi miskin di dunia, akan tetapi bisa jadi miskinnya di akhirat.

Beberapa Hal Yang Biasa Kita Lakukan Dengan Boros :

1. Boros Uang / Boros Belanja

Dalam membeli sesuatu pikirkanlah masak-masak. Beli sesuatu yang kita butuh, bukan membeli karena kita suka akan suatu produk barang maupun jasa yang ditawarkan. Tabung uang kita dalam bentuk logam mulia agar memiliki nilai yang stabil hingga kita masa tua kita. Pikirkan masa lansia kita yang mungkin di saat itu kita tidak berdaya dan tidak ada yang mau menolong kita, kecuali diri kita sendiri.

2. Boros Pulsa

Berkomunikasilah yang wajar dan jalani hidup tanpa harus menggantungkan hidup kepada alat elektronik untuk berkomunikasi seperti halnya manusia di tahun 1990an ke bawah. Gunakan alat komunikasi seperlunya di saat yang penting saja bukan untuk sekedar bersenang-senang. Temui teman langsung akan lebih baik daripada hanya berkomunikasi panjang lebar melalui layar kecil yang menyita waktu kita seharian.

3. Boros Listrik

Kemampuan negara dan swasta untuk menghasilkan listrik sangat terbatas, sehingga kita dituntut untuk bisa menggunakan daya listrik sekecil mungkin. Tidak harus mengurangi penggunaan listrik yang ada, tetapi hanya mengubah perangkat listrik yang membutuhkan daya listrik besar dengan yang membutuhkan daya listrik watt kecil. Di samping kita mengubah gaya hidup seperti rajin mematikan lampu yang tidak dipakai, mencabut colokan listrik dari alat yang tidak sedang digunakan, memasang alat penghemat listrik, dan lain-lain.

4. Boros Air Bersih

Perhatikan waktu kita mandi apakah saat mengguyur badan kita banyak air yang tidak mengenai badan kita? Apakah saat kita sudah bersih dari kotoran maupun busa kita masih suka menyiram air? Apakah kita munggunakan terlalu banyak air bersih untuk menyiram tanaman, mencuci mobil / sepeda motor, mencuci baju, mengepel lantai, dan lain sebagainya? Mungkin hemat yang sehemat-hematnya hanya terpaksa dilakukan oleh orang yang penggunaan air bersihnya berbayar atau di wilayah tersebut sulit untuk mendapatkan air bersih.

5. Boros Bahan Bakar

Anda pasti tahu bahwa mobil itu konsumsi bahan bakarnya sangat boros sekali apabila dibandingkan dengan sepeda motor. Gunakanlah juga kendaraan umum masal seperti bis umum, kereta listrik, monorail, kereta bawah tanah, dan lain-lain untuk menghemat bahan bakar secara keseluruhan. Selain itu hemat juga penggunaan gas kita untuk memasak biarpun negara kita kaya akan gas alam karena jumlahnya terbatas dan bisa habis sewaktu-waktu.

6. Boros Makanan / Boros Jajan

Jangan suka menyisakan makanan dan minuman yang kita makan, karena bahan pangan adalah sumber daya yang sangat terbatas jumlahnya. Masih banyak orang yang lapar dan kekurangan gizi dan juga sangat berbahaya jika kita terlalu banyak makan. Yang memiliki rejeki lebih, berbagilah dengan yang punya rezeki kurang. Kalau bisa jangan hanya jadi konsumen makanan dan minuman saja, kita pun juga bisa turut berpartisipasi menanam bahan pangan dengan tangan maupun modal kita sendiri. Makanan dan minuman yang enak tidak selalu harus mahal harganya, tinggal bagaimana kita yang mengelola makanan dan minuman yang kita makan dan minum.

7. Boros Teknologi

Orang yang suka mengikuti tren teknologi biasanya boros dalam membelanjakan uangnya. Ada sesuatu yang baru dan masih mahal dibeli juga tanpa berpikir panjang. Contohnya seperti handphone, mobil, sepeda motor, komputer, laptop, dan lain sebagainya.

8. Boros Gaya Mode Trendi

Lain halnya dengan boros barang-barang berteknologi baru. Boros yang satu ini lebih ke arah gaya. Orang ini kalau tidak ikut gaya terbaru batinnya akan sangat tersiksa. Mulai dari pakaian, gaya rambut, dandanan, salon, spa, tempat nongkrong, aksesoris, perhiasan, dan lain-lain. Padahal kita bisa menjadi orang yang biasa tanpa harus memakai sesuatu tambahan apapun yang melekat di tubuh kita. Orang dihormati bukan karena gayanya keren, tetapi karena kontribusi kepada sesama manusia di lingkungannya.

9. Boros Waktu

Banyak orang yang menghabiskan waktu dalam hidupnya untuk sesuatu yang kurang bermanfaat seperti nonton tv, ngerumpi, clubbing, tidur, nongkrong, main game, melakukan tindak kejahatan, bermalas-malasan, dan lain sebagainya. Mari kita renungkan dan intropeksi kembali penggunaan waktu kita selama ini. Ubahlah menjadi sesuatu yang beguna bagi diri kita sendiri dan terhadap sesama.

10. Boros Urusan Dunia

Ingatlah bahwa kita hidup di dunia hanya sebentar saja mungkin tidak lebih dari 100 tahun kemudian kita akan menjadi tua renta dan akhirnya kita akan dipaksa masuk ke dalam kuburan atau ruang pembakaran mayat untuk mengenyahkan raga mati kita yang berbahaya dari kehidupan ini. Setelah hidup di dunia ada kehidupan lagi yang kekal di akhirat. Kita hidup di dunia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Tuhan sang pencipta langit dan bumi serta segala isinya. Gagal ujian di dunia, berarti penderitaan yang kekal setelah kita mati.

-----
Akhir kata, sebaiknya kita bijaksana dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Gunakan sumber daya yang ada secara hemat untuk dapat disimpan sebagai bekal di hari esok. Masa depan adalah sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Sekarang kita ada di atas, mungkin besok-besok kita bisa ada di bawah. Hiduplah yang sederhana-sederhana saja dan berbagilah kebahagiaan dengan sesama karena kita hidup tidak akan mampu sendiri di dunia ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal/Perbuatan Boros (Kegiatan Pemborosan) Yang Sering Kita Lakukan Sehari-Hari"

Posting Komentar