Alasan Penyebab Seseorang Dikucilkan Masyarakat di Lingkungannya

Pengucilan adalah suatu hukuman atau perlakuan yang diberikan kepada satu orang atau lebih karena sesuatu hal.  Orang yang dikucilkan biasanya akan dipandang remeh, diabaikan, tidak dianggap, tidak diajak bicara, tidak dilihat, didiamkan, dan lain sebagainya.  Orang yang dikucilkan pada umumnya akan merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan karena merasa disisihkan, dimusuhi, dianggap tidak ada, dan lain-lain.  Kebutuhan untuk bersosialisasi yang tidak berjalan lancar tersebut secara otomatis akan menjadi siksaan batin orang yang sedang dikucilkan.

Beberapa Hal / Faktor yang Menyebabkan Seseorang Dikucilkan Oleh Masyarakat Sekitar :

1. Melanggar Peraturan yang Berlaku

Orang yang melanggar aturan tidak hanya bisa diberikan hukuman pidana saja, namun juga hukuman mental dalam bentuk dikucilkan.  Biasanya orang yang sudah masuk penjara akan mendapatkan pandangan yang negatif dari orang-orang yang ada di sekitarnya walaupun sudah bebas dari hukuman penjara.  Jika sudah dianggap jelek, maka orang pun akan menjauh.

2. Membuat Malu Masyarakat Setempat Secara Umum

Orang yang tidak melakukan pelanggaran hukum pun juga bisa dikucilkan jika melakukan suatu perbuatan yang membuat malu atau aib.  Contohnya yaitu seperti orang yang melakukan gol bunuh diri pada pertandingan sepak bola antar negara.

3. Memiliki Hubungan Kekerabatan dengan Orang yang Dikucilkan

Biasanya anggota keluarga dari orang yang dipenjara bisa saja merasakan pengucilan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.  Terutama pada anak-anak karena bisa mendapatkan pengucilan dari teman-teman sekolahnya atau teman-teman sepermainan yang sebaya.

4. Menyandang Status Sosial Tertentu

Sistem stratifikasi status sosial yang berlaku pada suatu masyarakat bisa saja membuat seseorang disisihkan atau dikucilkan orang-orang yang memiliki stratus sosial di atasnya.  Hal ini tentu jarang terjadi pada masyarakat modern yang tidak membagi-bagi manusia dalam kelas-kelas sosial.

5. Kesepakatan Orang-Orang Secara Sepihak

Seorang manusia bisa dikucilkan tanpa sebab khusus yang spesifik.  Sekelompok orang bisa mengucilkan orang lain hanya karena merasa tidak suka.  Kelompok tersebut lantas membuat kesepakatan bersama secara sepihak untuk mengucilkan seseorang atau beberapa orang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Seseorang Dikucilkan Masyarakat di Lingkungannya"

Posting Komentar