Alasan Penyebab Seseorang Suka Belanja di Internet / Online

Pada zaman yang makin canggih ini banyak orang yang menggunakan media internet untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  Semenjak mudahnya mengakses internet melalui hp / ponsel standar non smartphone dan smartphone, banyak orang yang mencoba-coba membeli barang-barang di internet.  Sebagian ada yang puas dan sebagian lagi yang lainnya ada yang kecewa dengan pengalamannya berbelanja online di internet.  Ada banyak hal yang membuat seseorang ingin berbelanja secara online.

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Orang Berbelanja Secara Online di Internet :

1. Mudah Membandingkan Produk dan Harga

Dengan adanya internet kita bisa melihat dan membandingkan produk dari banyak pedagang atau toko pada saat yang bersamaan.  Tentu saja hal ini tidak dapat kita lakukan jika berbelanja di toko riil karena butuh waktu untuk pergi dari satu toko ke toko yang lainnya.  Dalam hitungan menit pun kita bisa mendapatkan kesimpulan mengenai toko yang paling murah menawarkan produk yang sedang kita inginkan.

2. Tidak Menghabiskan Waktu dan Tenaga

Di internet kita bisa melihat barang-barang yang ditawarkan panjual sambil duduk di kursi atau bahkan sambil tiduran di tempat tidur kamar kita sendiri.  Jika kegiatan lihat-lihat barang dagangan dilakukan di kamar sendiri sambil tidur-tiduran dengan menggunakan handphone smartphone sudah tentu kita tidak akan merasa capek dan tidak akan mengkonsumsi terlalu banyak waktu.

3. Sukar Mencari Penjual di Dunia Nyata

Produk-produk yang langka atau yang penjualnya berada jauh dari keberadaan diri kita bisa kita temukan dengan mudah melalui media internet.  Cukup dengan mencarinya di website mesin pencari maka kita akan mendapatkan banyak rekomendasi toko online yang memiliki produk yang dicari.

4. Banyak Penawaran Diskon / Program Promo

Toko online tertentu ada yang rutin memberikan potongan harga dan berbagai promo lainnya kepada para pengunjungnya.  Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membentuk kesetiaan pelanggan agar terus mau mengunjungi dan melihat-lihat barang yang diperdagangkan di toko online tersebut.  Para konsumen sudah tentu akan merasa senang karena dimanjakan dengan berbagai bentuk promosi.

5. Tidak Mengenal Waktu

Situs web toko online yang dapat kita akses di internet biasanya buka terus-menerus sepanjang hari.  Pada umumnya toko online tidak bisa melayani pembeli di waktu-waktu tertentu karena keterbatasan sumber daya manusia.  Namun ada juga toko online yang memiliki petugas malam hari, hari libur dan waktu-waktu lainnya sehingga dapat optimal dalam melayani konsumen yang datang berkunjung.

6. Masalah Privasi / Menjaga Image

Membeli barang-barang yang bisa membuat martabat kita jatuh atau membuat malu diri sendiri adalah salah satu faktor penyebab kenapa banyak orang yang memakai internet untuk melakukan transaksi pembelian barang-barang.  Adakalanya produk yang ingin dibeli adalah sesuatu yang memalukan sehingga kita tidak ingin ada orang lain yang tahu transaksi yang kita lakukan.  Dengan bertransaksi jarak jauh tanpa temu muka serta barang dikirim melalui jasa kurir atau pos dengan kemasan tertutup maka rahasia pembeli dapat terjamin dengan baik.

7. Trend / Ikut-Ikutan

Karena masalah gengsi banyak orang yang mau belajar dari nol dalam berbelanja barang di internet.  Padahal barang yang dibeli belum tentu akan digunakan untuk keperluan sehari-hari.  Yang penting bisa belanja online dan berbagi pengalaman belanja online kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.  Jika trend sudah usai, maka orang tersebut pun juga berhenti bertransaksi online.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Seseorang Suka Belanja di Internet / Online"

Poskan Komentar