Jus Buah yang Baik Adalah yang Tidak Pakai Gula / Sedikit Gula

Sebenarnya buah akan lebih efektif dalam menyehatkan tubuh manusia apabila dikonsumsi langsung tanpa dibuat jus / juice terlebih dahulu.  Secara umum buah-buahan dan sayur-sayuran akan banyak kehilangan serat dan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia apabila diproses menjadi jus atau pun bentuk olahan lainnya.  Jika tidak terpaksa sebaiknya kita mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk aslinya saja karena gizi dan manfaatnya masih dalam kondisi yang optimal.  Namun tentu saja sebelum dimakan, buah dan sayur mayur harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih benar.

Saat ini ada banyak penjual jus yang menawarkan jus dagangannya di sekitar kita.  Biasanya pedagang jus menggunakan bahan tambahan air, gula pasir dan susu kental manis.  Sudah diberi gula pasir atau gula cair ditambah lagi dengan susu kental manis yang mengandung gula cukup tinggi untuk juice-juice buah tertentu.  Jus buah dan jus sayur yang rasanya manis karena mengandung kadar gula yang tinggi merupakan hal yang biasa dalam masyarakat kita.

Namun tahukan anda bahwa jus yang mengandung gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan penyakit kanker?  Jus buah yang disajikan bersama banyak gula pasir dapat menyebabkan kanker anal.  Kanker anal merupakan salah satu bentuk dari kanker usus.  Hal ini diungkapkan oleh para ahli di luar negeri.  Karena itulah sedari sekarang kita harus membiasakan diri kita minum jus buah atau jus sayur dengan sedikit tambahan gula.  Jika perlu dan mampu sebaiknya tidak perlu memakai gula pasir sama sekali.  Buah-buah tertentu memang sudah manis secara alami sehingga tidak perlu ditambah gula lagi.

Dalam minum jus pun kita harus lebih teliti lagi.  Jus yang dijual dalam kemasan dan memiliki kemampuan bertahan lama biasanya telah ditambah dengan berbagai bahan tambahan.  Bacalah bahan-bahan atau komposisi dari jus tersebut.  Jangan sampai kita mengkonsumsi terlalu banyak bahan aditif makanan yang sebenarnya tidak perlu.  Jika membeli jus segar perhatikan pula kehigienisan atau kebersihannya.  Lebih bagus lagi jika kita yang mengolah sendiri jus yang akan kita minum demi kebaikan diri kita dan juga keluarga kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Jus Buah yang Baik Adalah yang Tidak Pakai Gula / Sedikit Gula"

Poskan Komentar