Batas Maksimal Konsumi Gula Dalam Satu Hari / Perhari

Dalam kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari gula pasir.  Untuk membuat manis makanan dan minuman biasanya kita lebih suka menggunakan gula pasir dan bentuk-bentuk gula tebu lainnya.  Gula pasir yang tidak menambah warna, tidak menambah aroma, tidak menambah rasa selain manis, dan lain sebagainya membuat gula pasir begitu disukai masyarakat dalam memaniskan sesuatu yang kurang manis atau tidak manis.  Bahkan mungkin sebagian besar makanan dan minuman yang ada saat ini menjadikan gula pasir sebagai bahan pembuatannya.

Di balik nikmatnya rasa gula yang manis, terdapat berbagai bahaya yang menghantui siapa saja yang mengkonsumsi gula di luar batas kewajaran.  Memang kita pada dasarnya tidak mengetahui seberapa banyak gula yang boleh kita konsumsi dalam keseharian kita.  Tanpa sadar kita telah mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung gula dengan kadar yang berbeda-beda.  Minuman dan makanan tertentu mungkin bisa saja mengandung gula pasir lebih dari yang seharusnya kita konsumsi dalam satu hari.

Batas Konsumsi Gula Paling Banyak (Maksimal) Dalam Sehari :

1. Orang Dewasa

- Maksimal 6 sendok teh perhari (jumlah yang disarankan) - WHO
- Kandungan gula maksimal 5% (Pria 7 s/d 8 sendok teh; Wanita 5 s/d 6 sendok teh) - WHO
- Kandungan gula maksimal 3% - Jurnal Kesehatan Publik BMC
- Gula pasir maksimum untuk Laki-Laki 9 sendok teh dan Perempuan 6 sendok teh) - The Heart Association
- Batas konsumsi gula perorang perhari 4 sendok makan - Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia

2. Anak-Anak

- Paling banyak kurang dari 6 sendok teh dalam sehari - WHO

Berbagai Penyakit / Gangguan Kesehatan / Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Gula Pasir :

1. Obesitas / Kegemukan / Berat Badan Berlebih

2. Kencing Manis / Sakit Gula / Diabetes Tipe 2

3. Gigi Busuk / Kerusakan Gigi

4. Tekanan Darah Tinggi

5. Penyakit Jantung'

6. Sindrom Metabolik, dan masih banyak lagi penyakit lainnya...

Hendaknya setiap orang menjaga konsumsi gula pasir dalam kehidupannya sehari-hari.  Yang paling aman adalah dengan menghindari segala bentuk minuman manis yang dipermanis dengan gula pasir, gula batu, sukrosa, fruktosa, laktosa dan sebangsanya.  Lebih baik memilih pemanis yang berbahan dasar alami tanpa melalui proses kimia panjang layaknya gula pasir.  Contoh pemanis alami yang relatif aman dikonsumsi sebagai pemanis adalah gula jawa (gula merah / gula aren) dan daun stevia.  Dengan menjaga kadar gula dengan teratur dan penuh kedisiplinan mudah-mudahan kita semua terhindar dari malapetaka yang disebabkan oleh gula pasir yang menggoda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Batas Maksimal Konsumi Gula Dalam Satu Hari / Perhari"

Poskan Komentar