Arti/Pengertian Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Contoh KLB

KLB adalah kepanjangan dari Kejadian Luar Biasa.  Kejadian Luar Biasa adalah suatu bentuk status yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menjelaskan atau mengklarifikasi kejadian merebaknya suatu wabah penyakit, baik yang menular maupun tidak menular.  Status KLB hanya bisa diberikan oleh negara berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 949/MENKES/SK/VII/2004.

Apabila timbul atau terjadi peningkatan suatu wabah penyakit atau kematian yang bermakna secara epidemiologis dalam kurun waktu tertentu pada suatu daerah tertentu maka status Kejadian Luar Biasa bisa ditetapkan oleh Pemerintah.  Penetapan status Kejadian Luar Biasa didasarkan atas beberapa kriteria atau unsur sebagai berikut di bawah ini.

Unsur / Kriteria Dasar Penetapan Status Kejadian Luar Biasa (KLB) di Indonesia :

a. Munculnya suatu penyakit menular yang tidak dikenal karena belum ada sebelumnya

b. Terjadi suatu peningkatan yang signifikan suatu infeksi penyakit atau kematian terus-menerus selama 3 kurun waktu berturut-turut menurut jenis penyakit.

c. Adanya peningkatan jumlah orang yang menderita atau menemui ajalnya karena suatu penyakit sebanyak dua kali lipat atau lebih dibandingkan periode sebelumnya.

d. Dalam kurun waktu satu bulan terdapat penderita baru suatu penyakit dua kali lipat atau lebih daripada angka rata-rata perbulan dalam tahun sebelumnya.

Bentuk / Contoh Kejadian Luar Biasa (KLB) :

1. Merebaknya penyakit DBD yang menyebabkan banyak sekali orang pada suatu kabupaten atau kota terinfeksi.

2. Muncul suatu penyakit misterius yang bisa menular dari orang yang satu ke orang yang lain dan mematikan banyak sekali orang sehingga membuat banyak orang khawatir.

3. Tiba-tiba ada banyak orang yang buang-buang air besar karena terkena disentri dalam jumlah yang besar.

4. Muncul suatu penyakit baru yang amat berbahaya akan tetapi baru saja ketahuan setelah banyak orang yang terinfeksi di negara kita.

5. Adanya impor penyakit KLB dari negara lain seperti flu burung yang sangat mematikan dan menakutkan yang telah menginfeksi banyak orang di dalam negeri.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Arti/Pengertian Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Contoh KLB"

Poskan Komentar