Barang/Benda yang Biasa Diservis/Service Rutin Berkala

Benda yang kita gunakan untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari ada berbagai macam ragamnya.  Ada yang sekali pakai langsung dibuang, dan ada juga yang bisa dipergunakan berkali-kali hingga tidak bisa digunakan lagi.  Di antara benda yang bisa dipakai berkali-kali terdapat benda-benda yang butuh perawatan rutin agar bisa dapat digunakan terus secara optimal dari waktu ke waktu.  Perawatan barang yang tahan lama tersebut biasanya dilakukan dengan cara servis / service rutin.

Beberapa Barang / Benda yang Membutuhkan Servis Rutin / Perawatan Berkala :

1. Rumah / Tempat Tinggal

Rumah yang menjadi tempat tinggal kita sehari-hari perlu untuk diperbaiki secara rutin yang disesuaikan dengan kondisi rumah dan juga dengan kondisi keuangan pemiliknya.  Selain rumah, apartemen, rumah susun, rumah kontrakan, kost-kostan dan sebangsanya pun juga perlu untuk dilakukan renovasi atau perawatan secara rutin.  Seperti mengecat tembok, mengganti kayu yang keropos, memperbaiki atap yang bocor, menyedot wc kamar mandi, dan lain sebagainya.

2. Kendaraan Bermotor (Mobil dan Sepeda Motor)

Kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, bajaj, bemo, truk, bis, alat berat, dan sejenisnya butuh perawatan rutin seperti ganti oli, servis ringan, servis berat, ganti busi, ganti suku cadang, pembaluran minyak pelumas, dan lain sebagainya.  Jika tidak dilakukan dengan baik maka kendaraan bisa mengalami gangguan saat digunakan dan bahkan bisa rusak parah jika terus dipaksakan beroperasi dalam kondisi tanpa perawatan yang memadai.

3. AC (Air Conditioner)

AC yang biasa digunakan manusia untuk mendinginkan serta menyejukkan suhu udara ruangan adalah alat elektronik yang membutuhkan perawatan rutin berupa pencucian.  AC dicuci dengan cara disemprotkan dengan air bertekanan tinggi.  Setelah lama digunakan, AC biasanya menjadi kotor karena timbunan debu dan kotoran.  Jika tidak dibersihkan secara rutin maka AC bisa mengalami penurunan kinerja saat dioperasikan.  Walhasil udara yang dihasilkan pun bisa terasa tidak sejuk dan juga tidak dingin sehingga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Aki / Baterai

ACCU atau Aki yang digunakan sebagai sumber energi pada alat elektronik atau mesin pada umumnya butuh perawatan yang baik agar bisa berada dalam kondisi yang optimal.  Aki biasanya setelah melewati jangka waktu tertentu butuh diisi cairan aki, disetrum, dicas, atau yang lainnya.  Apabila tidak diservis secara rutin maka aki bisa soak atau aus sehingga tidak dapat berjalan normal seperti sebelum mengalami gangguan.

5. Komputer / Laptop / Notebook

Komputer butuh perawatan yang sangat intensif karena ada begitu banyak ancaman bahaya yang mengancam baik secara online maupun offline.  Berbagai jenis virus, worm, trojan, adware, malware, dan lain sebagainya dapat dengan mudah kita temui jika kita tidak berhati-hati dalam menjaga keamanan komputer yang kita miliki.  Oleh karena itu diperlukan adanya proteksi atau perlindungan yang baik melalui program piranti lunak (software) antivirus, anti malware, anti spyware, dan lain sebagainya.

6. Mesin

Mesin-mesin yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia sudah tentu juga membutuhkan perawatan yang baik agar ketika digunakan tidak mengalami suatu kendala apa pun yang berarti.  Mesin dirawat secara berkala dengan pembersihan hingga pergantian suku cadang.  Namun jika biaya perawatan begitu mahal, maka mungkin pembelian mesin baru bisa menjadi solusi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Barang/Benda yang Biasa Diservis/Service Rutin Berkala"

Posting Komentar