Beberapa Bahaya dari Hujan Besar / Hujan Lebat

Air hujan yang turun dari langin merupakan suatu berkah yang tidak ternilai harganya.  Dengan adanya air hujan maka kebutuhan akan air bersih dapat tercukupi dengan baik melalui air tanah dan air permukaan tanpa menggunakan teknologi yang canggih nan rumit.  Di samping manfaatnya yang begitu besar, ternyata air hujan pun juga bisa menyebabkan banyak keburukan dan bencana pada umat manusia.  Itulah sebabnya mengapa kita harus selalu waspada agar kita bisa menghindar dari berbagai keburukan-keburukannya.

Beberapa Hal Berbahaya yang Bisa Ditimbulkan / Disebabkan Oleh Turunnya Hujan Deras / Lebat :

1. Banjir

Jika hujan turun dengan deras dan berlangsung dalam waktu yang lama maka saluran air yang ada akan penuh dan akhirnya airnya akan meluap.  Jika luapan air yang terjadi jumlahnya sangat besar maka dapat menyebabkan banjir.  Banjir yang parah bisa sampai merendah rumah-rumah penduduk sehingga tidak dapat ditinggali untuk sementara waktu.  Banjir yang parah pun juga dapat menyebabkan korban jiwa dan luka-luka dalam jumlah yang besar.

2. Tanah Longsor

Hujan yang turun dengan deras bisa membuat lapisan tanah yang tidak stabis menjadi runtuh ke bawah.  Tentu saja tanah longsor bisa mencelakai orang-orang yang berada di dekatnya.  Oleh sebab itu hendaknya orang yang tinggal di permukaan yang tidak stabil untuk pindah ke tempat yang lain demi kebaikannya sendiri beserta keluarganya.  Selain itu, orang yang berada di bawahnya pun sebaiknya turut mencari tempat tinggal lainnya yang lebih aman demi kebaikan bersama.

3. Angin Besar

Biasanya hujan yang besar disertai pula dengan tiupan angin kencang.  Angin yang kencang bukan berarti tidak berbahaya.  Angin yang berkecepatan tinggi bisa menerbangkan benda-benda ke udara.  Tentu saja jika benda itu mendarat di tempat yang tidak tepat, maka dapat membuat kerusakan maupun korban manusia. Pohon pun dapat tumbang dengan sendirinya akibat terpaan angin yang amat sangat kencang sehingga sangat membahayakan orang-orang yang berada di sekitarnya.

4. Petir / Geledek

Tidak disangsikan lagi bahayanya.  Sudah sering terjadi orang mengalami kematian dan luka-luka akibat terkena sambaran sengat petir yang mematikan.  Hujan yang besar bisa mengandung petir halilintar di dalamnya.  Oleh sebab itu hendaknya kita selalu waspada dengan bahaya kilat petir karena bukan sesuatu hal yang tidak mungkin petir akan menjadikan kita sebagai target sambaran berikutnya.

5. Jalan Licin

Selain becek, hujan pun akan membuat jalan menjadi licin.  Jalan yang licin tentu saja dapat menyebabkan bahaya serius pada orang-orang yang kurang beruntung.  Seseorang bisa saja terpeleset atau terjatuh ketika menginjak bagian yang licin. Orang yang terjatuh bisa mengalami cedera serius yang bisa fatal jika tidak ditanggulangi dengan baik dan benar.

6. Bangunan Rubuh

Bangunan yang tidak dibangun dengan kaidah yang baik dan benar bisa saja roboh pada saat hujan besar.  Tidak hanya akibat serbuan air hujan, namun juga akibat dari tiupan angin kencang yang siap merobohkan bangunan-bangunan yang dibangun tanpa memperhatikan aspek keamanan dari bahaya angin kencang.

7. Mendatangkan Penyakit

Apabila seseorang yang memiliki kekebalan tubuh kurang fit terkena air hujan, maka orang tersebut bisa saja dapat mengalami gangguan kesehatan.  Terlebih lagi bila sengaja berhujan-hujanan ria tanpa persiapan yang baik, maka tubuh bisa kedinginan dan pada akhirnya bisa mempermudah datangnya penyakit akibat dari sistem proteksi tubuh yang sedang menurun drastis.

8. Mengganggu Pandangan

Hujan yang turun dengan deras tentu saja akan membuat pandangan menjadi terganggu.  Dari yang bisa melihat ratusan meter di depan, maka saat hujan deras indera penglihatan hanya bisa melihat beberapa meter di depan mata saja.  Tentu saja hal ini sangat berbahaya apabila sedang berkendara dengan kendaraan yang melaju dengan kencang.

9. Merusak Acara

Acara yang dibuat seseorang bisa mendadak kacau karena turun hujan deras.  Apalagi jika disertai oleh angin yang sangat kencang dalam waktu yang lama, maka jumlah tamu undangan yang hadir bisa berkurang signifikan.  Hal ini tentu saja bisa membuat pihak penyelenggara menjadi pusing alias stress.  Apalagi jika sampai mengalami kerugian besar secara finansial akibat turunnya hujan yang deras tersebut.

10. Menimbulkan Kemalasan

Walaupun tidak terlihat berbahaya secara langsung, hujan deras juga bisa merusak manusia dalam jangka panjang.  Ada orang yang terbiasa malas ketika hujan turun.  Misalnya saja ketika mau beraktivitas jadi mengurungkan niatnya hanya karena melihat hujan yang turun dengan deras.  Tentu saja penyakit malas kambuhan seperti ini bisa terbawa seumur hidup jika dibiarkan tanpa adanya suatu upaya pencegahan apa pun.

-----

Apabila masih ada yang ingin anda tambahkan silahkan gunakan fitur komentar yang ada di bagian bawah tulisan yang sederhana ini.  Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa membawa manfaat kepada kita semua di dunia ini.  Terima kasih atas segala perhatian dan kerja sama anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Beberapa Bahaya dari Hujan Besar / Hujan Lebat"

Poskan Komentar