Berbagai Aktivitas/Kegiatan yang Dilakukan Oleh Bayi yang Baru Lahir / Orok

Lahirnya seorang anak adalah sesuatu yang sangat membahagiakan bagi kebanyakan orang karena prosesnya yang panjang dan tidak semua orang diberikan kemampuan untuk mendapatkan keturunan. Bagaimana pun kondisi si anak, orang tua akan sangat merasa sangat senang dengan hadirnya si buah hati yang akan mewarnai kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi sesuatu yang patut disyukuri dengan hadirnya buah-buah hati di tengah-tengah keluarga. Anak yang dibesarkan dan dibina dengan baik akan menjadi penolong orangtuanya di kala sulit dan akan menjadi penghibur di kala lara.
Macam-Macam Tingkah Laku / Gerak-Gerik Bayi yang Baru Lahir (Bayi Merah) :
1. Tidur
Bayi yang baru lahir lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya untuk tidur karena sembagi tidur tubuh bayi akan senantiasa tumbuh dan berkembang dari hari ke hari. Mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam akan digunakan sang bayi untuk tidur. Tidak banyak waktu yang dihabiskan untuk bangun tidur dan beraktifitas bersama orang-orang di sekitarnya karena bayi yang baru lahir dilahirkan dalam keadaan buta (tidak bisa melihat).
2. Minum Susu
Makanan dan minuman yang paling bagus dan gratis adalah air susu ibu atau yang disingkat ASI. Berikan asi selama selama 6 bulan penuh diiringi dengan makanan pendamping asi yang baik agar anak tumbuh sehat tidak kekurangan gizi yang dapat menghambat perkembangan fisik dan mentalnya. Pastikan bayi yang baru lahir mendapatkan asi sebanyak yang dibutuhkannya. Jika sang ibu kandung tidak dapat selalu hadir di sisi sang anak, maka sang ibu bisa memerah asinya untuk kemudian di simpan di lemari es pembeku (freezer) agar awet berbulan-bulan. Dengan begitu ketika sang ibu tidak ada di dekat anaknya, orang di rumah yang menjaga bayi bisa mencairkan es air susu ibu (es asi) untuk kemudian diberikan kepada si bayi.
3. Menangis
Menangis adalah sesuatu yang paling sering dilakukan bayi yang baru lahir selain tidur. Rasa haus, sakit, tidak nyaman, kebasahan, terganggu, kaget, dan lain sebagainya dapat membuat si bayi menangis. Tangisan bayi yang baru lahir juga merupakan sebuah sinyal atau pertanda bagi orangtua agar datang dan melakukan sesuatu yang dapat meredakan tangis si bayi tersebut. Setelah mendapatkan pertolongan dari orang di sekitarnya, sang bayi akan tenang dan kemudian tidur kembali.
4. Buang Air
Ada yang masuk sudah pasti ada yang keluar. ASI masuk, maka air seni (pipis) dan feses (pup) yang keluar dari sistem pembuangan bayi yang baru lahir. Pada awalnya feses bayi yang baru lahir akan berwarna hitam, yang secara berangsur-angsur akan berubah menjadi kuning emas setelah berusia kurang lebih 4 (empat) hari jika hanya mengkonsumsi asi saja. Bayi yang buang air harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan pada bayi. Selain itu bayi juga akan mengeluarkan angin berupa sendawa dan kentut untuk menstabilkan kondisi tubuhnya dari gas berlebih.
Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga membawa manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kedatangan anda di situs web organisasi.org ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berbagai Aktivitas/Kegiatan yang Dilakukan Oleh Bayi yang Baru Lahir / Orok"

Posting Komentar