Cara Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) Yang Efektif, Cepat dan Menghemat Waktu

Biasanya ketika belajar di sekolah maupun di kampus, seseorang akan sering diberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan di rumah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PR atau Pekerjaan Rumah. PR biasanya dikerjakan di rumah setelah jam belajar di sekolah atau kampus selesai. Pekerjaan rumah boleh dikerjakan sendiri maupun secara berkelompok tergantung selera masing-masing. Fungsi dan tujuan PR yang mulia adalah untuk memaksa para pelajar dan mahasiswa untuk mau belajar di luar lingkungan sekolah atau kampus, sehingga tidak menggunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang tidak baik.
Tetapi terkadang guru menyamaratakan semua siswa dengan memberikan PR yang sama kepada seluruh siswa pelajar. Padahal ada pula murid yang memiliki kesibukan lain yang penting bagi masa depannya. Contohnya seperti sibuk membantu orang tua mencari nafkah, sibuk membantu orangtua mengurus adik-adik yang masih kecil, sibuk dengan kursus-kursus maupun bimbingan-bimbingan belajar yang diikuti, sibuk berlatih untuk persiapan suatu lomba, dan lain sebagainya. Parahnya lagi apabila hampir semua mata pelajaran menghadiahi para pelajarnya PR yang harus dikerjakan secara bersamaan.
Bagi siswa pelajar dan mahasiswa yang tidak punya banyak kesibukan yang bermanfaat sangat disarankan untuk mengerjakan PR di rumah dan dikerjakan di kala waktu senggang. Namun bagi yang memiliki kesibukan luar biasa yang menguras waktu, pikiran dan tenaga bisa mengerjakan PR-PR yang ada dengan berbagai trik tanpa harus mengurangi tujuan utama dari pengerjaan PR tersebut. Tujuan utama PR yaitu agar siswa dapat memperdalam ilmu yang telah diberikan guru atau mengerti suatu materi pelajaran sebelum materi pelajaran tersebut diberikan guru di kelas.
Cara efektif mengerjakan pekerjaan rumah bagi siswa-siswi dan mahasiswa-mahasiswi yang tidak punya banyak waktu adalah dengan cara mengerjakannya di sekolah atau di kampus bersama-sama dengan teman-teman senasib dan sepenanggungan. Dengan begitu tidak hanya PR bisa selesai dengan cepat, namun juga sekaligus bisa belajar bersama alias belajar kelompok bersama dengan teman-teman. Yang jelas harus menghindari berbagai hal yang tidak bermanfaat selama mengerjakan PR berkelompok. Kerjakan dulu PR sendiri sebisanya, baru yang sulit-sulit ditanyakan atau dibahas bersama dengan teman-teman. PR selesai, ilmu didapat dan waktu luang pun dimiliki untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) Yang Efektif, Cepat dan Menghemat Waktu"

Posting Komentar