Berbagai Macam Sampah, Polusi atau Limbah Rumah Tangga Buangan Manusia

Manusia adalah makhluk yang mengkonsumsi sesuatu dan menghasilkan sesuatu selama hidupnya. Secara alami tubuh manusia akan menghasilkan buangan-buangan yang sudah tidak dibutuhkan dalam berbagai bentuk. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia juga membuang berbagai jenis buangan yang sudah tidak diperlukan lagi. Hidup manusia selalu dipenuhi oleh mengambil sesuatu, menggunakan sesuatu dan membuang sesuatu.

Hal-hal di berikut ini adalah berbagai bentuk, jenis dan macam polusi dan limbah buangan yang dihasilkan oleh manusia :

1. Ekskresi Tubuh Manusia

Ekskresi merupakan pengeluaran-pengeluaran alami yang dilakukan oleh manusia seperti buang air kecil, buang air besar, keringat, gas karbon dioksida, ketombe, rambut rontok, rontokan bulu, belek, air liur, kotoran hidung (upil), kotoran telinga (conge), kotoran mata (belek), darah kotor (menstruasi), dan lain sebagainya.

2. Limbah Cair

Setiap hari manusia butuh mandi, butuh cuci pakaian, butuh cuci peralatan makan, butuh bersih-bersih rumah, butuh buang air, dan lain sebagainya. Limbah cair dalam bentuk air kotor akan mengalir keluar rumah menuju selokan, comberan, got, parit, dan lain sebagainya. Sebagian akan masuk ke septic tank (sepiteng) di dalam tanah di bawah bangunan atau perkarangan.

3. Sampah Makanan / Sampah Basah / Sampah Dapur / Sampah Organik

Sebuah rumah keluarga tidak akan terasa lengkap tanpa kehadiran aktivitas dapur yang mengolah makanan dan minuman untuk penghuninya. Kegiatan proses mengolah makanan dan juga sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak dipakai lagi akan berubah menjadi sampah dapur. Selain itu sampah-sampah seperti daun-daun yang gugur, ranting pohon, batang pohon, bangkai hewan dan sejenisnya juga masuk dalam kategori sampah yang satu ini.

4. Sampah Kering / Sampah Non Organik

Orang-orang yang hidup di lingkungan peradaban modern yang telah mengenal teknologi tinggi menghasilkan sampah-sampah hasil proses kimiawi. Contoh sampah kering non organik misalnya seperti plastik bekas bungkus makanan, sterofoam, botol kaca bekas minyak wangi, kertas koran, dan lain-lain.

5. Polusi Udara

Setiap aroma yang tidak menyenangkan orang lain adalah polusi udara yang harus dihindari oleh setiap rumahtangga yang memiliki tetangga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Asap pembakaran sampah, bau masakan yang menyengat, buangan limbah cair yang berbau tidak sedap, bau aroma rumah yang tidak sedap, bau kentut, bau limbah hewan peliharaan / hewan ternak, dan lain sebagainya bisa masuk dalam kategori polusi udara.

6. Polusi Suara

Suara yang dihasilkan oleh rumahtangga bisa saja mengganggu para tetangga yang tinggal berdekatan di sekitarnya. Bisa saja suara-suara yang wajar menurut kita, tidak wajar dan terasa mengganggu bagi orang lain. Suara keras seperti suara mesin kendaraan, suara musik, suara televisi, suara percakapan, suara binatang peliharaan, suara alat musik dan lain sebagainya bisa dianggap sebagai polusi suara.

Setiap sampah, limbah, polusi, buangan dan sebangsanya yang dihasilkan oleh rumah tangga harus ditangani dengan baik agar tidak berkembang menjadi konflik sosial. Usahakan agar apa-apa yang dihasilkan oleh rumah tangga kita tidak menggangu orang lain yang hidup di sekitar kita. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Berbagai Macam Sampah, Polusi atau Limbah Rumah Tangga Buangan Manusia"

Posting Komentar