Tips Cara Mengetahui Tarif/Biaya Telepon, Sms, Dsb Operator Handphone Kita

Setiap handphone yang aktif pasti memiliki operator penyedia layanan telekomunikasi seperti telkomsel (simpati, kartu as, kartu halo), indosat (mentari, im3, matrix, starone), mobile-8 (hepi, fren), telkom (telkom flexi), bakrie telecom (esia), xl axiata (xl, xplor, jempol), dan lain sebagainya. Setiap operator umumnya memiliki fungsi yang sama satu lain, namun dengan kualitas dan tarif yang berbeda-beda.

Untuk bisa menggunakan suatu fungsi komunikasi biasanya memiliki tarif yang harus dibayar di muka, maupun di belakang setelah penggunaan. Terkadang kita membutuhkan informasi tarif biaya penggunaan layanan telepon genggam kita baik untuk menelpon, mengirim sms, menggunakan akses data, menforward telpon, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu biaya atau tarif penggunaan hp kita :

1. Mencari di Internet

Cara yang paling mudah adalah dengan mengakses situs web resmi operator telepon yang kita pakai saat ini melakui komputer maupun dari hape kita sendiri. Biasanya di situs resminya terdapat informasi tarif pemakaian layanan mereka secara rinci.

2. Menelpon Layanan Pelanggan (Costumer Service)

Telepon saja nomor layanan pelanggan operator kita yang umumnya tidak dipungut bayaran. Di sana kita bisa bertanya sepuasnya mengenai hal-hal yang ingin kita ketahui tentang operator kita termasuk tarif-tarif yang sedang berlaku saat ini.

3. Membaca Panduan Saat Membeli Nomor Perdana

Pada saat kita membeli paket perdana nomor telepon biasanya ada lampiran informasi tarif pemakaian telepon serta layanan lainnya. Namun biasanya tidak up to date sehingga kita harus membeli paket perdana yang baru (operator yang sama) untuk sekedar melihat tarif terbaru penggunaan layanan dari operator tersebut.

4. Melakukan Ujicoba atau Tes Sendiri

Bisa saja kita mencari tahu tarif dengan mencoba sendiri dengan handphone kita. Cukup dengan mencatat saldo pulsa sebelum dipakai dan mencatat saldo pulsa setelah pemakaian, serta kemudian dibagi dengan satuan penggunaan (menit, 30 detik, kilobyte, per sekali kirim, langganan bulanan, dll). Misalnya pulsa sebelum dipakai adalah 10.000, dan setelah dipakai telepon dua menit pulsa tinggal 7.000. Maka tarif percakapan permenit adalah 1.500 atau 750 per 30 detik.

5. Bertanya kepada Orang Lain yang Tahu

Jika ada teman atau keluarga kita yang menggunakan operator yang sama maka kita bisa menanyakan pertanyaan seputar tarif kepadanya. Namun tidak semua orang peduli dengan biaya yang harus dikeluarkannya saat menggunakan layanan operator telepon, sehingga mungkin tidak banyak yang tahu persis biaya-biaya operator layanan handphonnya. Bisa juga dengan datang langsung ke cabang atau gerai operator yang kita gunakan untuk sekedar menanyakan tarif paling terbaru yang sedang berlaku.

Selamat mencoba dan semoga berhasil mencari informasi biaya tarif pemakaian telepon nirkabel anda. Terima kasih

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mengetahui Tarif/Biaya Telepon, Sms, Dsb Operator Handphone Kita"

Posting Komentar